PENGAMBILAN KEPUTUSAN STRATEGIS DALAM PENENTUAN HARGA JUAL PRODUK DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN ACTIVITY BASED COSTING. STUDI KASUS UMKM TIA KONVEKSI

Rusydi Fauzan, Nurhayati Nurhayati, Ira Novia

Abstract

Jumlah usaha konveksi di kota Bukittinggi semakin lama semakin berkurang karena turunnya permintaan yang disebabkan oleh ketatnya persaingan dengan produk kompetitor yang datang baik dari dalam dan luar negri. Usaha konveksi harus bisa menentukan harga yang sesuai dengan harapan masyarakat dan mengetahui dengan baik faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kenaikan harga produksi yang semakin lama semakin meningkat. Dalam menentukan harga jual, konveksi dapat menggunakan pendekatan metode harga pasar atau metode biaya produksi. Dalam penelitian ini penulis akan menggunakan pendekatan yang berfokus kepada biaya produksi dan melakukan perbandingan dengan harga pasar dengan membandingkan dua metode yaitu Traditional Costing (TC) dan Activity Based Costing (ABC). Pada penelitian ini penulis mengimplementasikan penggunaan metode ABC untuk menentukan harga jual produk berdasarkan biaya yang sebenarnya (true cost) dan menyediakan model keputusan strategis dalam penentuan harga jual untuk UMKM yang bergerak di bidang konveksi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.