PENGARUH KUALITAS PRODUK,HARGA,CITRA MEREK,DAN GAYA HIDUP DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN TERHADAP PAKAIAN PADA IKATAN MAHASISWA DHAMASRAYA DI BUKITTINGGI

Rina Supryanita, Gepindra Gepindra, Sri Kemala

Abstract

This study aims to look at the effect of Product Quality, Price, Brand Image, and Lifestyle in Consumer Purchasing Decisions Against Clothing at Dharmasraya Student Association in Bukittinggi. The type of research used is quantitative research using descriptive methods. Data sources used are Primary data and Secondary data. Data collection techniques using interviews, questionnaires and literature studies. The sample in this study amounted to 100 people taken from sample selection techniques based on the theory soehartono’s. This research requires the help of SPSS program with version 17. The data analysis method used is the instrument test, namely the validity and reliability test, and the Descriptive Variable Analysis (TCR). Data analysis tools used are Multiple Linear Regression Analysis. The results of the analysis show that product quality, price, brand image and lifestyle have a positive and significant influence on clothing purchase decisions on dharmasraya student ties in Bukittinggi, both partially and simultaneously and the variables that have the greatest influence on purchasing decisions are price and brand image.

 

Keywords: lifestyle; product quality; price; brand image; purchasing decisions

 

Penelitian ini mimiliki tujuan melihat Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Citra Merek, Dan Gaya Hidup Dalam Keputusan Pembelian Konsumen Terhadap Pakaian Pada Ikatan Mahasiswa Dharmasraya Di Bukittinggi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Sumber data yang dipakai adalah data Primer dan data Sekunder. Teknik pemungutan data menggunakan metode wawancara ,kuesioner dan studi kepustakaan. sampel pada penelitian ini berjumlah sebanyak 100 orang yang di ambil dari teknik pemilihan sampel berlandaskan teori soehartono. Penelitian ini memerlukan bantuan program SPSS dengan versi 17 Adapun metode analisa data yang dipakai adalah Uji instrumen yaitu uji validitas dan uji realibilitas, dan Analisis Deskriptif Variabel (TCR). Alat analisa data yang dipakai yaitu Analisis Regresi Linear Berganda. Hasil analisis yang didapat menunjukkan bahwa kualitas produk, harga, citra merek dan gaya hidup memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pakaian pada ikatan mahasiswa dharmasraya di bukittinggi, baik secara parsial maupun secara simultan dan variabel yang memiliki pengaruh paling besar dalam keputusan pembelian adalah harga dan citra merek.

Kata Kunci ; Kualitas produk, harga, citra merek, gaya hidup, keputusan pembelian

Full Text:

PDF

References

Aaker, David A. dan Alexander L.Biel. 1993. Managing Brand Equity : capitalizing on the value of brand name. New York : Free Press (Mobilpocket Reader Version).

Assauri, Sofjan. 2004. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.

Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ali Hasan.2009. Marketing.Jakarta: Media Presindo.

Arikunto, suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Basu Swastha. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Liberty.

Basu Swastha. 2005. Manajmen Penjualan. BPFE. Yogyakarta.

Basu Swastha. 2009. Manajmen Penjualan. BPFE. Yogyakarta.

Dinawan, R. M. 2010. Analisis faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian (Studi kasus pada konsumen Yamaha Mio PT Harpindo Jaya Semarang). Tesis Magister Manajemen. Program Pascasarjana Universitas Diponegoro. Semarang.

Engel, James F., dkk. 1994. Prilaku Konsumen. Edisi ke-6. Jakarta Barat: Binarupa Aksara.

Engel, James F. D.Black Well And Paul. W. Miniard, 1995. Prilaku Konsumen. Jakarta: Bina Rupa Aksara. Hal.3.

Fandy, Tjiptono. 2004. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi.

Fandy, Tjiptono. 2005. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Fandy, Tjiptono. 2011. Service Quality and Satisfacion.Edisi kedua.Yogyakrta:Andi

Gaspersz, Vincent. 2005. Total Equity Management. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ghanimata, Fifyanita. 2012. Analisis Pengaruh Harga,Kualitas Produk Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Studi Pada Pembeli Produk Bandeng Juwana Erlina.Semarang: Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPPS (Edisi ke-4). Semarang: Univesitas Diponegoro.

Hasan, M. Iqbal.2002. Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya.Bogor: Ghalia Indonesia.

Hendri, Ma’ruf. 2005. Pemasaran Ritel. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Handoko, T. Hani. 2009. Manajemen.Yogyakarta:BPFE.

Hilmi, Rafiki zul. dkk., 2018.Pengaruh Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Produk Clothing Line (Survei Pada Konsumen Clothing Line Famo Di Kota Bandung).Journal of Business Management Education, Vol 3 No.2 2018; Hal 1-13. Universitas Pendidikan Indonesia.

J.Paul Peter & jerry c. Olson. 2000. Costumer Behavior.Jakarta: Erlangga.

Keller, Kevin Lane. 2000. Strategic Brand Mangement Building Measuring and Managing Brand Equity.New Jersey: Prentice Hall.

Kotler dan Amstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran 2.Edisi ke-12.Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management 13. New Jersey: Pearson Prentice Hall inc.

McDaniel, Lamb Hair. 2008. Essensial of Marketing. USA: International Thompson Publishing.

Nugraheni, P.N.A.2003. Perbedaan Kecendrungan Gaya Hidup Hedonis Pada Remaja Ditinjau dari lokasi tempat tinggal.Skripsi (tidak diterbitkan). Surakarta: Fakultas Psikologi UMS.

Plummer.1983.Gaya Hidup dan Pengembangan Psikologi Kepribadian dan Sosialisasi. Jakarta: Erlangga.

Purwati, Asri ayu. dkk., 2019. Pengaruh Life Style, Kualitas Produk Dan Store Image Terhadap Keputusan Pembelian. Journal of Management and Bussines, Vol 1 No.1 2019; Hal 1-15. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pelita Indonesia.

Roslina.2010. Citra Merek dimensi proses dan pengembangan serta pengukurannya.Jurnal Bisnis of manajemen.volume 6 no 3 tahun 2010.

Reven, Daniel. dkk 2017.Analisis Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk,Harga Kompetitif, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pelanggan Nesty Collection Jakarta). Jurnal of management Vol 6 No.3 2017; Hal 1-15.Universitas Diponegoro.

Schiffman & Kanuk.2004. Prilaku Konsumen. Jakarta: Prentice Hall.

Sutisna. 2001. Prilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT. Rosdakarya,

Santoso, singgih & F. Tjiptono. 2001. Riset Pemasaran konsep dan aplikasinya dengan SPPS. Jakarta: PT. Elex Media Computindo Kelompok Gramedia.

Sumarwan, Ujang. 2002. Prilaku Konsumen teori dan penerapannya dalam pemasaran.Bogor: Ghalia Indonesia.

Sumarwan, Ujang. 2011. Prilaku Konsumen teori dan penerapannya dalam pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian.Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Swastha, Basu. 2007. Manajemen Pemasaran Moderen. Jogjakarta: Liberty.

Sarfina, dkk. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Merek Terhadap Keputusan PembelianKonsumen Pakaian Bekas Di Kota Kendari.Jurnal manajemen dan kewirausahaan, Vol 1 No.1 2016; Hal 1-13. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Halu Oleo Kendari.

Umboh, Sisilia Oktavia.dkk 2015. Analisis Kualitas Produk, Brand Image Dan Life Style Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Wanita Di Mississippi Manado Town Square.Jurnal EMBA Vol 3 No 1 2015; Hal 1-10. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.