Pengaruh Budaya Organisasi, Disiplin Kerja, Emotional Quetiont Dan Adversity Quetiont Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Lingkungan Hidup Kota Bukittinggi

Alizar Hasan, Roswida Rosa, Almasdi Almasdi

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kinerja pegawai Dinas Lingkungan Hidup Kota Bukittinggi,  sebagai instansi yang menyelenggarakan pelayanan publik dalam lingkup pengelolaan lingkungan hidup perlu meningkatkan kinerja pegawai dan harus mengutamakan kepentingan publik. Faktor yang mepengaruhi kinerja tersebut antara lain budaya organisasi, disiplin kerja, emotional quetiont dan adversity quetiont.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk menguji dan membuktikan hipotesis yang telah dibuat melalui berbagai tes dan pengolahan data, populasi pada penelitian ini adalah semua pegawai Dinas Lingkungan Hidup Kota Bukittinggi  dengan jumlah 288 orang dengan jumlah sampel 74 orang responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara Probability Sampling (Random Sample) teknik probabilitas yang akan dipakai dalam pengambilan sampel ini adalah stratified sampling. Metode yang digunakan untuk analisa hubungan faktor tersebut menggunakan teknik analisis SEM (Structural Equation Modeling) berbasis varians PLS. SEM (Structural Equation Modeling) yang dioperasikan berbasis Partial Least Square (PLS) dengan alat bantu SmartPLS 3.0.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa variabel budaya organisasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, disiplin kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai, Emotional Quetiont berpengaruh signifikan terhadap kerja pegawai dan adversity Quetion juga berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai Dinas Lingkungan Hidup Kota Bukittinggi.

 Kata kunci: Kinerja pegawai, budaya organisasi, disiplin kerja, Emotional Quetiont, dan Adversity   Quetiont

Full Text:

PDF INDONESIA

Refbacks

  • There are currently no refbacks.