Tinjauan Perkembangan Pendidikan di Sumatera Barat (1996-2010)

Helendra Helendra

Abstract


Obyek Penelitian ini adalah penduduk sumatera barat untuk menilai dan mengevaluasi hasil indicator pendidikan yang telah dicapai serta sebagai acuan untuk memperbaiki kinerja pendidikan pada masa mendatang, pembahasan mengenai perkembangan pendidikan penduduk Sumatera Barat menurut AMH penduduk 15 tahun ke atas di daerah pedesaan ( 93,84 persen) lebih rendah di bandingkan daerah perkotaan (98,11 persen). Rendahnya AMH penduduk usia 15 tahun ke atas di sebabkan oleh rendahnya AMH penduduk usia 45 tahun ke atas. AMH penduduk usia 45 tahun ke atas sebesar 90,23 persen. AMH penduduk usia 45 tahun ke atas perempuan (87,04 persen) lebih rendah di bandingkan laki-laki (93,86 persen). Berdasarkan jenis masalah yang diteliti peningkatan pendidikan penduduk tiap daerah di Sumatera Barat dengan cara melihat AMH dari tahun ke tahun agar dapat memenuhi tuntutan dasar pembangunan di era globalisasi


Full Text:

PDF

References


BPS (2007), Indeks Pembangunan Manusia 2005 - 2006, Badan Pusat Statistik, Jakarta.

--- (2011), Kegiatan Percepatan Data Statistik Dalam Rangka Kebijakan Dana Perimbangan, Badan Pusat Statistik, Jakarta.

---, BAPPENAS dan UNDP (2001), Menuju Konsensus Baru: Demokrasi dan Pembangunan Manusia di Indonesia, Badan Pusat Statistik, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional dan United Nation Development Program, Jakarta.

Bramley, Peter. 1991. Evaluating Training Effectiveness. London. The McGraw-Hill Training Series.

Becker, Human Capital : A Theoretical and Empirical Analysis with Special Reference to Education, 1957

Barro dan Sala-i-Martin, Journal of Economic Dynamics and Control, Vol 21, Issues 4-5, May 1997, pages 895-898

Brata, A. G (2004), Analisis Hubungan Imbal Balik Antara Pembangunan Manusia dan Kinerja Ekonomi Daerah Tingkat II di Indonesia, Lembaga Penelitian Universitas Atmajaya, Jogjakarta.

---. (2002), Jurnal Ekonomi Pembangunan, Kajian Ekonomi Negara Berkembang, Vol 7, No. 2, tahun 2002, hal 113-122




DOI: https://doi.org/10.47896/je.v16i2.121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.