ANALISA PENGARUH BIAYA PROMOSI PRODUK EMS (EXPRESS MAIL SERVICE) TERHADAP VOLUME PENJUALAN JASA PADA PT. POS INDONESIA (PERSERO) KANTOR POS BUKITTINGGI

Dian Rahmawaty

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh biaya promosi produk EMS (Express Mail Service) terhadap volume penjualan jasa pada PT. Pos Indonesia (Persero) kantor pos Bukittinggi. Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Analisa Regresi Linear Sederhana dan Analisa Korelasi yang terlebih dahulu mengumpulkan data dengan teknik wawancara dan observasi. Pengujian analisis data dilakukan dengan analisa regresi sederhana, korelasi dan uji t antara biaya promosi produk EMS (Express Mail Service) dan volume penjualan EMS. Diperoleh persamaan Y= -394,058 + 266,952X, koefisien korelasi sebesar 0,889, koefisien determinasi (R2) sebesar 0,790 dan thitunguntuk produk EMS sebesar +3,361. Dengan demikian biaya promosi produk EMS (Express Mail Service) berpengaruh positif dan signifikan terhadap  volume penjualan jasa pada PT. Pos Indonesia (Persero) kantor pos Bukittinggi dan biaya promosi produk EMS (Express Mail Service) berhubungan kuat terhadap volume penjualan jasa pada PT. Pos Indonesia (Persero) kantor pos Bukittinggi. Artinya hipotesa dapat diterima dan terdukung sepenuhnya

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari, Prof, DR, H. 2004, “Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasaâ€, Alfabeta, Bandung

Chandra, Gregorius. 2002, “Strategi dan Program-program Pemasaran Edisi 4â€. Yogyakarta

Dharmesta, Basu Swasta. 2002, “Pemasaranâ€. Jakarta : Erlangga

Dajan, Anto. 2000, “Pengantar Metode Statistikâ€, Jilid I, LP3ES, Jakarta

Dajan, Anto. 1996,“ Pengantar Metode Statistikâ€, Jilid II, LP3ES, Jakarta

Kotler, Philip. 1997, “Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaanâ€, terjemahan Susanto dan Roni Antonius Rusli, Jilid 1, Prenhalindo, Jakarta

Kotler, Philip. 1997, “Manajemen Pemasaranâ€, Jilid 2, Edisi Millenium, Erlangga, Jakarta

Kotler, Philip. 2000, “Marketing Managementâ€, the Millenium Edition, Prentice Hall International Inc., Ney Jersey

Kotler, Philip. 2002, “Manajemen Pemasaranâ€, Edisi Millenium 1, Prenhallindo, Jakarta

Kotler, Philip. 2002, “Manajemen Pemasaranâ€, Edisi Millenium 2, Prenhallindo, Jakarta

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2001,“Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid II Edisi ke 8â€, Jakarta : Erlangga

Lupiyoadi, Rambat. 2001, “Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktekâ€. Edisi 1, Salemba Empat, Jakarta

Manulang, Jef. 1986, “Pengantar Ekonomi Perusahaan Edisi Revisiâ€, Liberty, Yogyakarta

Nitisemono. 2001, “Manajemen Personalia Edisi Revisiâ€. Jakarta : Ghalia

Rismiati dan Suratno. 2001,“Pemasaran Barang Dan Jasaâ€. Yogyakarta : Kanisius

Santoso, Singgih. 2003, “Mengatasi Berbagai Masalah Statistik dengan SPSS Versi 11.5â€, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta

Stanton, William. 1997, “Prinsip-prinsip Pemasaranâ€, PT. Prenhalindo, Jakarta

Stanton, William. 2001, “Taktik Dan Strategi Pemasaranâ€. Jakarta : Arika Media Cipta

Statistik Kantor Pos IV Bukittinggi

Sugiyono. 2005, “Metode Penelitian Bisnisâ€. Cetakan ke Delapan. Bandung : Alfabeta

Swasta, Basu. 1983, “Manajemen Penjualanâ€, BPFE Yogyakarta, Yogyakarta

Swasta, Basu, DH, SE, MBA. 1998, “Asas-asas Marketingâ€, Liberty, Yogyakarta

Swasta, Basu. 2000,“Azas-azas Marketing Edisi 3â€, Liberty, Yogyakarta

Tjiptono, Fandy. 2001, “Prinsip dan Dinamika Pemasaranâ€, edisi 1, J & J Learning, Yogyakarta

Zeithaml, A, Valarie and Marry Jo Bitner. 2000, “Service Marketingâ€, Mc Graw Hill, New Jersey




DOI: https://doi.org/10.47896/je.v19i1.13

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.