ANALISI SKINERJA PERUSAHAAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN BALANCE SCORE CARD ( STUDI KASUS PADA PT. BPR PADANG TARAB )

Asnah Asnah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja PT.BPR Padang Tarab dengan menggunakan konsep Balanced Scorecard. Dengan menggunakan penilaian kinerja tersebut, dapat diketahui bahwa hubungan sebab akibat antara faktor pendukung kinerja dengan hasil yang dicapai. Dari hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa perspektif keuangan yaitu nilai Return on Asset (ROA), Rasio Operasi (BOPO), Loan to Deposit Ratio (LDR) belum sesuai dengan yang ditetapkan oleh Bank Indonesia. Belum terjadi  peningkatan cost effectiveness untuk mencapai laba yang optimal. Perspektif konsumen dapat meningkatkan market share, kepuasan nasabah menghasilkan angka yang cukup baik serta. Tatapi tidak didukung dengan peningkatan profitabilitas karena profitabilitas cendrung menurun dati selama lima tahun. Perspektif bisnis internal menggunakan rasio AETR menunjukkan belum menunjukan peningkatan efektivitas, efisiensi dan ketepatan proses transaksi. Kemudian, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan menunjukkan peningkatan produktifitas karyawan, karena adanya pelatihan terhadap karyawan setiap tahunnya.


Full Text:

PDF

References


Anthony, R. N. dan V. Govindarajan. 2005. Sistem Pengendalian Manajemen. Jakarta : Salemba Empat.

Bankir, R.D. et al., (2004), “The Balanced Scorecard: Judgmental Effects of Performance Measures Linked to Strategyâ€, The Accounting Review, Vol. 79 No.1.

Budiharjo, C. 2008.â€Analisis Pengaruh Kepuasan Kerja, Kepemimpinan dan Komitmen Organisasional terhadap Semangat Kerja Karyawan (Studi pada Balai Latihan Kerja dan Industri Semarangâ€. Program Sarjana, Universitas Diponegoro Semarang.

Cahyono, D. 2000. “Pengukuran Kinerja Balanced Scorecard untuk Organisasi Sektor Publik.†Jurnal Bisnis dan Akuntansi, Vol. 2,No. 3 Ciptani, M. K. 2000. “Balanced Scorecard Sebagai Pengukuran Kinerja Masa Depan: Suatu Pengantar.†Jurnal akuntansi dan keuangan, Vol.2 ,No.1

Darsono dan Ashari. 2005. Pedoman Praktis Memahami Laporan Keuangan. Jogjakarta: Penerbit Andi.

Fadlillah, N. 2006. â€Analisis Pengukuran Kinerja Rumah Sakit Islam Jakarta Pondok Kopi Dengan Metode Balanced Scorecardâ€. Program Sarjana Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. 2002. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Herlina, E. 2004. “Analisis Penerapan Balanced Scorecard Sebagai Pengukuran Kinerja Pengukuran Komprehensif pada Perusahaan jasa (Studi Kasus Rumah Sakit Roemani)†Program Sarjana, Universitas Diponegoro.

Henry. 2004.â€Analisis Penilaian Kinerja Usaha PT BRI (Persero) Sebelum dan Sesudah Tahun 1998 Yang Diukur Dengan Balanced Scorecardâ€.Program Magister Akuntansi, Universitas Diponegoro.

Horne, V. dan James C. dkk. 1997. Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan. Jakarta : Salemba 4.

Hoque, Z. dan Wendy, J. 2000. “Linking Balanced Scorecard Measure to Size and Market Factor : Impact on Organization Performanceâ€. Journal of Management Accounting Review. Vol 12.

Ikhsan, A. dan Sutopo. 2003. “Implementasi Konsep Balanced Scorecard (BSC) Bagi Small and Medium Business di Indonesia:Suatu Tinjaun Teoritisâ€,

EKOBIS , Vol 4,No.1. Indriantoro, N. dan Supomo, B. 1999. Metodologi Penelitian Bisnis, edisi satu. Yogyakarta: BPFE.

Kaplan, R. dan D. Norton. 1996. The Balanced Scorecard: Translating Strategy into Action, edisi satu. United States Of America : Harvard Business School Press. .2000. Balanced Scorecard Menerapkan Strategi Aksi. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Kasmir. 2003. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, edisi Enam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kotler, P. 1997. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta : Salemba 4.

Kusuma, E. 2003. “Penerapan Balanced Scorecard Sebagai Alat ukur Kinerja Pada organisasi Nirlaba (Studi Kasus pada Yayasan Setara Semarang. Program Sarjana, Universitas Diponegoro.

Lasdi, L. 2002. “Balanced scorecard Sebagai Kerangka Pengkuran Kinerja Perusahaan Secara Komprehensif dalam Lingkungan bisnis Global.†Jurnal Widya Manajemen dan Akuntansi, Vol. 2,No. 2.

Lipe, M. G.dan S. Salterio. 2002. “A note the judgmental effects of the Balanced Scorecard’s information organizationâ€. Accounting, Organization and Society. Vol.27.

Mulyadi. 2001. Akuntansi Manajemen: Konsep, Manfaat, dan Rekayasa, edisi 3. Jakarta : Salemba Empat.

Mulyadi dan J. Setyawan. 2001. Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen: Sistem Pelipatganda Kinerja Perusahaan. edisi 2. Jakarta : Salemba Empat.

Mowen, H. 2004. Akuntansi Manajemen. Edisi 7. Jakarta : Salemba 4.

Putri, D. P. 2008. “Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan Dengan Konsep Balanced Scorecard (Studi Kasus PT BTN (Persero) Cabang Solo).â€Program Sarjana, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rindawati,E. 2007. “Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Perbankan Syariah dengan Perbankan Konvensionalâ€.Program Sarjana, Universitas Islam Indonesia.

Robbins, S.P.2006. Perilaku Organisasi. Edisi 10. Bahasa Indonesia. Jakarta: PT INDEKS Gramedia.

Sugiyono. 1999. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : CV Alfabeta.

Santoso. B. Totok dan T. Sigit. 2006. Bank dan Lembaga Keuangan Lainny. Edisi kedua. Jakarta : Salemba Empat.

Tjiptono, F. 2004. Manajemen Jasa. Jogjakarta : Penerbit Andi.

Umar, H. 1997. Riset Akuntansi: Panduan Lengkap untuk Membuat Skripsi, Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Wardhani. 1999. “Balanced Scorecard Sebaagai Salah Satu Sarana Pengukur Kinerja Operasi Perusahaanâ€. Jurnal Siasat Bisnis. Vol.7.

Zakir, I. 2006. “Pengukuran dengan Pendekatan Balanced Scorecard (Studi kasus PT. Bank BPD Jawa Tengah). Program Sarjana, Universitas Diponegoro.




DOI: https://doi.org/10.47896/je.v20i2.20

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.