FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH MENGGUNAKAN INTERNET BANKING DENGAN MENGGUNAKAN KERANGKA TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL PADA BANK SYARIAH

Suci Wahyuliza

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi niat untuk menggunakan internet banking oleh pengguna dengan menggunakan model penerimaan kerangka techanology. Untuk menganalisis data, penulis harus mencari informasi yang relevan dengan masalah dalam penelitian ini. Pelanggan bank syariah di Padang menjadi responden dalam penelitian ini. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner penelitian. Statistik penggunaan dari penelitian ini adalah regresi linier berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil pengujian hipotesis 1 persepsi pelanggan statistik berpengaruh positif terhadap niat dalam menggunakan internet banking. Hasil pengujian statistik hipotesis 2 menunjukkan bahwa pengaruh positif pada persepsi kemudahan menggunakan niat internet banking. Uji statistik hipotesis 3 menunjukkan bahwa dirasakan pengaruh positif kegunaan pada niat dalam menggunakan internet banking. Uji statistik hipotesis 4 menunjukkan bahwa kredibilitas pelanggan kami pengaruh positif terhadap niat dalam menggunakan internet banking Hal ini membuktikan bahwa persepsi pelanggan, persepsi kemudahan penggunaan, manfaat yang dirasakan dan kredibilitas pelanggan kami dapat memprediksi seseorang untuk menggunakan internet banking

Full Text:

PDF

References


Adi, Isbandi Rukminto. (1994). Psikologi, Pekerjaan Sosial dan Ilmu Kesejahteraan Sosial: Dasar-dasar Pemikiran. Jakarta: PT. Raja.

Amijaya, Gilang Rizky. (2010). Pengaruh Persepsi Teknologi Informasi, Kemudahan, Resiko dan Fitur Layanan terhadap Minat Ulang Nasabah Bank dalam Menggunakan Internet Banking. Universitas Diponegoro, Semarang.

Arindita, S. (2003). Hubungan antara Persepsi Kualitas Pelayanan dan Citra Bank dengan Loyalitas Nasabah. Universitas Muhamadiyah Fakultas Psikologi. Surakarta.

Fauziah, Syawanita. (2009). Pengaruh Faktor Technology Acceptance Model, Trust dan Risk pada Niat Nasabah Bank Untuk Menggunakan Internet Banking. Skripsi Akuntansi Universitas Bung Hatta. Padang.

Ghozali, Imam. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Cetakan Pertama Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Gujarati, D. (2001). Ekonometrika Dasar. McGraw, Hill, Inc. Sumarno Zain (Penterjemah). Jakarta : Erlangga.

Hamka, Muhammad. (2002). Hubungan Antara Persepsi Terhadap Pengawasan Kerja dengan Motivasi Berprestasi, Skripsi (tidak dipublikasikan).

Handayani, Yuli. (2010). Pengaruh Persepsi, Kemudahan Pemakaian, Manfaat yang diperoleh dan Kredibilitas Nasabah Terhadap Minat Menggunakan Internet Banking dengan Menggunakan Metode Customer Relation Marketing (CRM). Skripsi Akuntansi Universitas Bung Hatta. Padang.

Hapsari. (2004). Artikel Psikologi. www.masbow.com/2009/08/apa-itu-persepsi.html

IDC NMMM. (2009). Media Sosial Mendorong Penggunaan Internet Melalui Perangkat Mobile di Indonesia. www. vibizdaily.com. Diakses pada tanggal 01 Juni 2010.

Isbiantoro, Yesi Wati. (2004). Pengaruh Faktor Demografi dan Math Anxiety terhadap Computer Attitudes dengan Computer Anxiety sebagai Variabel Intervening. Skripsi Akuntansi Universitas Bung Hatta. Padang.

Maharsi, Sri dan Fenny. (2006). Analisa Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan dan Pengaruh Kepercayaan terhadap Loyalitas Pengguna Internet Banking di Surabaya. Jurnal Akuntansi dan Keuangan.

Maharsi, Sri dan Mulyadi. (2007). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menggunakan Internet Banking dengan Menggunakan Kerangka Technology Acceptance Model (TAM). Journal Akuntansi dan Keuangan.

Robbins, S.P. (2003). Perilaku Organisasi. Jilid I. Jakarta: PT INDEKS Kelompok Garmedia.

Sekaran, Uma. (2006). Research Methodology for Business. Buku 1, Edisi keempat. Jakarta. Salemba Empat.

Seni, Prilla Laila. (2008). Pengaruh Sosial Dalam Penggunaan Perangkat Lunak Akuntansi Berdasarkan Technology Acceptance Model (TAM). Skripsi Akuntansi Universitas Bung Hatta. Padang.

Tulipa dan Widya. (2005). Kumpulan Abstrak Hasil Penelitian. Http : //www.google.com

Valhalla, Cupi. (2010). Seminar Internasional Ekonomi Syariah. Http://www.republika.co.id

Wibowo, Arief. (2007). Kajian Tentang Perilaku Penggunaan Sistem Informasi dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Universitas Budi Luhur. Jakarta.

Wijayantti, Ratih. (2009). Analisis Technology Acceptance Model (TAM) terhadap Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penerimaan Nasabah terhadap Layanan Internet Banking. Jurnal Akuntansi Universitas Gunadarma




DOI: https://doi.org/10.47896/je.v18i2.24

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.