PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP PENJUALAN PRODUK UMKM DAMPINGAN DINAS KOPERASI PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN KOTAMADYA BUKITTINGGI

Rahmad Rahmad

Abstract


Obyek Penelitian ini adalah UMKM dampingan Dinas Koperasi Perindustrian dan perdagangan Kotamadya Bukittinggi untuk menguji pengaruh Bauran Pemasaran ( Produk , Harga , Distribusi dan Promosi ) terhadap Penjualan Produk UMKM dampingan Dinas Koperasi Perindustrian dan perdagangan Kotamadya Bukittinggi.

Adapun tujuan penelitian ini untuk menentukan bagaimana model tersebut dapat memberikan gambaran lebih tepat hubungan kausalitas antara Bauran Pemasaran ( Produk , Harga , Distribusi dan Promosi ) terhadap Penjualan Produk UMKM dampingan Dinas Koperasi Perindustrian dan perdagangan Kotamadya Bukittinggi.

Populasi penelitian adalah UMKM dampingan Dinas Koperasi Perindustrian dan perdagangan Kotamadya Bukittinggi , dengan metode  pengambilan sampel Purposive Sampling sejumlah 40 responden yang  didistribusikan. Analisis data penelitian yang dipergunakan adalah model persamaan struktural dengan program aplikasi SPSS untuk menguji 5 (Lima) hipotesis yang telah dikembangkan , hubungan yang telah dihipotesiskan merupakan hubungan kausal.

Dari hasil hipotesis menunjukan bahwa 5 (lima)  hipotesis yang diajukan  diterima hal ini berarti Bauran Pemasaran ( Produk , Harga , Distribusi dan Promosi ) berpengaruh secara signifikan terhadap Penjualan Produk UMKM dampingan Dinas Koperasi Perindustrian dan perdagangan Kotamadya Bukittinggi.

Full Text:

PDF

References


Bagus Tri Purnomo, (2005). Pengaruh Variabel-Variabel Promotional Mix Terhadap volume Penjualan Pada PT. Daya Manunggal Di Salatiga, Skripsi.

Basu Swastha DH, (2000). Asas-asas Marketing, Edisi III, Yogyakarta : Liberty.

Basu Swastha, dan Irawan, (1999). Manajemen Pemasaran Modern, Edisi 2, Yogyakarta : Liberty.

Djarwanto PS dan Pangestu Subagyo, (1993). Statistik Induktif, Edisi 4, Yogyakarta : BPFE.

Eny Khotiah, (2005). Pengaruh Variabel-Variabel Promotional Mix Terhadap Volume Penjualan Pada Perusahaan UD. Lestari Di Ngawi. Skripsi.

Fandy Tjiptono, (1995). Strategi Pemasaran, Yogyakarta : Andi Offset.

Ghozali, Imam, (2001). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gujarati, Damodar. (1997). Ekonometrika Dasar, Jakarta : Erlangga.

Haryono Subiyakto, (1995). Statistik (Inferen) Untuk Bisnis, Edisi Pertama, Yogyakarta : Penerbit STIE YKPN.

Indriyono Gitosudarmo, (1995). Manajemen Pemasaran, Edisi Pertama, Yogyakarta : BPFE.

Iskandar, Putong, (2003). Teknik Pemanfaatan Analisis SWOT Tanpa Skala Industri (A-SWOT-TSI), Jurnal Ekonomi & Bisnis No. 2, Jilid 8, Tahun 2003.

Kotler, Philip, (1993). Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan dan Pengendalian, Edisi Keenam, Jakarta : Erlangga.

Lupiyoadi, Rambat dan A. Hamdani, (2006). Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta: Salemba Empat.

Nunung, Nurhasana, (2006). Perumusan Strategi Pemasaran Melalui Penentuan Prioritas Trapezoidal Fuzzy Number (Studi Kasus Industri Minuman Tradisional), Jurnal Teknik Industri Vol. 8, No. 2, Desember 2006: 131-140.

Rangkuti, Freddy (2006), Analisis Swot Teknik Membedah Kasus Bisnis, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Supariyani, Emmy, (2004). Pengaruh Biaya Pelaksanaan Promosi Melalui Pameran terhadapa Tingkat Volume Penjualan pada PT Astra Internasional Tbk Isuzu Cabang Bogor, Jurnal Ilmiah Ranggagading Vol. 4, No. 1, April 2004: 69-74.




DOI: https://doi.org/10.47896/je.v18i2.30

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.