ANALISA PENGARUH NILAI PRODUK, LINGKUNGAN ,PRIBADI DAN PSIKOLOGI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR. (STUDI KASUS : WARGA JORONG CINGKARIANG KAB.AGAM

Rina Supryanita, Lira Lestari

Abstract


This study aims to determine the effect of product value, environmental, personal and psychological on purchasing decisions. Based on the formulation of the problem, hypotheses can be put forward, it is assumed that the variables used are product value variables (X1), environment (X2), personal (X3), and psychology (X4), positively and significantly influences the purchasing decisions (Y) of citizens in purchasing a motorcycle. Research conducted using the binary logistic analysis method, which is to determine the effect of independent variables (X1, X2, X3, X4) on the dependent variable (Y) on the change of any increase or decrease in the independent variable that will affect the dependent variable. Product value, environmental, personal and psychological variables have a positive and significant effect on the purchase of motorbikes on the residents of Jorong Cingkariang.

Keywords: environment; personal; product value; purchasing 


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nilai produk,lingkungan,pribadi dan psikologi terhadap keputusan pembelian.Berdasarkan perumusan masalah dapat dikemukakan hipotesa, diduga bahwa variabel yang digunakan, yaitu variabel nilai produk (X1), lingkungan (X2), pribadi (X3), dan psikologi (X4), secara positif dan signifikan mempengaruhi keputusan pembelian (Y) warga dalam pembelian sepeda motor. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode analisis binary logistik, yaitu untuk mengetahui pengaruh variabel bebas (X1,X2,X3,X4) terhadap variabel tidak bebas (Y) atas perubahan dari setiap peningkatan atau penurunan variabel bebas yang akan mempengaruhi variabel terikat.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan variabel Nilai produk, lingkungan, pribadi dan psikologi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian sepeda motor pada warga jorong cingkariang.

Kata kunci: lingkungan; nilai produk; pembelian; pribadi



References


Agung Suprayitno,dkk 2015, Jurnal Agribisnis, Vol. 9, No. 2, Desember 2015, [ 177 - 214 ] ISSN : 1979-0058

Andi Faisal Bahari,2018.Jurnal MINDS ,Manajemen ide dan Inspirasi, Vol 5, No 1 (2018). ISSN Print: 2442-4951 / ISSN Online: 2597-6990

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian. Yogyakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitina Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Friani Gloria Igir,dkk 2018Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 6 No. 2 Tahun 2018

Hair, Mc-Daniel. 2001. Pemasaran Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat

Kadek Ayuk Riska Oktavenia, dkk, 2019, E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 8, No. 3, 2019: 1374 - 1400 ISSN: 2302-8912.

Ketut Indah Pratiwi,2015, E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 4, No. 11, 2015: 3619 - 3645 ISSN: 2302-8912.

Kotler, Philip dan Amstrong, Garry. 1997. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip.2005. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip.2000. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Mahir Pradana dkk,2016, Vol 6 No 1 (2016): Jurnal Manajemen Vol. 6 No. 1 Juni 2016 . https://doi.org/10.26460/jm.v6i1.196

Maleong, Lexy J,1995. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mowen. 1995. Nilai Produk, Jakarta: Pustaka Ilmu

Mowen,Jhon. Michael,Minor.2002. Keputusan Pembelian Jakarta: Erlangga.

Muhammad. 2008. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Peter, J. Paul. Dan Alson, Jery C. 2000. Consumer Behavior Nilai Produk dan Keputusan Pembelian Konsumen Jakarta:Erlangga

Prasetijo, Ristiyanti dan John J. O. I Ihalauw. 2005. Nilai Produk.Yogyakarta: Andi

Riduwan. 2005. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung : Alfabeta

Subagyo, Joko, 1997. Metodologi Penelitian dan Teori Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. 2011. Metode Penilitian Kuantitatif Bandung: Alfabeta.

Setiadi, Nugroho J.2003. Nilai Produk dan Keputusan Pembelian Konsumen dan Pembelian Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Santoso. S.2010 Statistik Multivariat Konsep dan Aplikasi dengan SPSS. Jakarta : PT.Elex Media Komputindo

Sugyonto, Danang. 2013, Perilaku Konsumen, Panduan Riset Sederhana Untuk Mengenali Konsumen. Jakarta : PT. Buku Seru

Sulis Riptiono,2013, Jurnal Fokus Bisnis Vol.12 No.1, Juli 2013.http://journal.stieputrabangsa.ac.id

Uyanto, Stanislaus. 2006, Pedoman Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta : Graha Ilmu




DOI: https://doi.org/10.47896/je.v24i1.329

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.