ANALISA FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN LAPORAN KEUANGAN PADA UMKM DI KOTA PAYAKUMBUH

Yeni Rafika Nengsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh latar belakang pendidikan, umur usaha, ukuran usaha, dan pelatihan akuntansi terhadap penggunaan laporan keuangan pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Payakumbuh. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan bukti empiris tentang penggunaan laporan keuangan pada UMKM di Kota Payakumbuh. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 40 UMKM di Kota Payakumbuh. Teknik analisis data dengan mengunakan analisis regresi linear berganda.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa latar belakang pendidikan, umur usaha, ukuran usaha, dan pelatihan akuntansi berpengaruh terhadap penggunaan laporan keuangan pada UMKM di Kota Payakumbuh


Full Text:

PDF

References


Ardiyos. 2008. Kamus Besar Akuntansi. Citra Harta Prima, Jakarta

Astuti. 2007. Pengaruh karakteristik internal perusahaan terhadap penyiapan dan penggunaan informasi akuntansi perusahaan kecil dan menengah di kabupaten Kudus. Thesis dipublikasikan. UNDIP.

Ediraras, Dharma. 2010. Akuntansi dan Kinerja UKM. Jurnal Ekonomi Bisnis Universitas Gunadarma. http://www.ejournal.gunadarma.ac.id. Diakses 15 Agustus 2014. Hal. 152-158.

Hadiyahfitriyah. 2006. Analisis factor-faktor yang mempengaruhi penggunaan informasi akuntansi pada usaha kecl dan menengah. Tesis Magister. Universitas Negeri Jakarta.

Handayani. 2011. Faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan informasi akuntansi Usaha Kecil dan Menengah. Jurnal akuntansi. UNES Semarang.

Harahap, Sofyan Syafri. 2009. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta

Hariyadi, 2014. Faktor – faktor yang mempengaruhi penggunaan informasi akuntansi pada UMKM yang bergerak di bidang jenis usaha makanan di Kota Tanjungpinang.UMRAH

Hongren, Charles., Walter T. Harrison. 2009. Akuntansi. Jilid 1. Penerbit Erlangga, Jakarta

Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). 2009, Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik. Dewan Standar Akuntansi Keuangan, Jakarta.

Kemenkop UKM. Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

Kieso, Donald., Jerry Weygandt., Terry Warfield. 2011. Intermediate Accounting, IFRS Edition. John Wiley & Sons. Inc., USA.

Rakhmad, 2014. Analisa faktor – faktor yang mempengaruhi penggunaan system informasi akuntansi pada usaha kecil dan menengah di Kota Malang. Universitas Brawijaya Malang.

Reeve, James., Carl S. Waren., Jonathan Duchac. 2009. Principles of Accounting, 23rd Edition. South-Western Cengage Learning, China.

Rudiantoro, Rizki & Sylvia Veronica Siregar. 2011. Kualitas Laporan Keuangan UMKM Serta Prospek Implementasi SAK ETAP. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia Universitas Indonesia.

Sekaran, Uma. 2009. Research methods for business. Salemba empat

Singarimbun, Masri dan Sofyan, Effendi. 1995. Metode Penelitian Survei. PT. Pustaka LP3ES. Jakarta

Soemarso. 2009. Akuntansi Suatu Pengantar Jilid 1. Salemba Empat, Jakarta.

Suharli, Michell. 2009. Akuntansi Untuk Bisnis, Jasa Dan Dagang. Edisi Pertama. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Suryo Anak. 2006. Akuntansi untuk UKM, metode akuntansi praktis dan sederhana untuk UKM. Media Pressindo: Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.47896/je.v17i1.35

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.