ANALISIS HUBUNGAN PRODUK, HARGA, LOKASI DAN PROSES PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN BERBELANJA PADA PASAR MODERN DI KECAMATAN BASO KABUPATEN AGAM

Sri Kemala

Abstract


Pertumbuhan pasar modern yang semakin pesat bahkan menjangkau pelosok kota kecil, menjadi semacam pertanda telah terjadinya pergeseran gaya hidup masyarakat dari pola tradisional ke arah yang lebih modern. Kehadiran pasar modern ini juga terasa sampai di Kecamatan Baso, Kabupaten Agam dimana masyarakat sudah bisa memilih tempat berbelanja tradisional maupun modern. Walaupun banyak kelebihan-kelebihan yang dijanjikan oleh pasar modern, namun tidak sedikit masyarakat yang tetap memilih berbelanja di pasar tradisional. Dari pengamatan awal yang dilakukan sekitar lebih dari 70% masyarakat masih memilih berbelanja di pasar tradisional dibanding pasar modern. Dari hal tersebut, penulis ingin mengetahui lebih lanjut apakah keputusan konsumen berbelanja ini ada hubungannya dengan produk, harga, lokasi dan proses layanan.

Hasil analisis deskriptif data tentang produk memperlihatkan bahwa Tingkat Capaian Responden (TCR) adalah sebesar 76,4%  (Sedang). Berdasarkan analisis deskriptif data tentang harga, diperoleh TCR sebesar 60,86% (Sedang). Untuk hasil analisis deskriptif data tentang lokasi diperoleh TCR sebesar 68,4% (Sedang). Hasil analisis deskriptif data tentang pelayanan mendapatkan TCR sebesar 84,1% (Tinggi). Sedangkan hasil analisis deskriptif data tentang keputusan pembelian mendapatkan dan TCR sebesar 68,2% (Sedang). Sedangkan hasil pada analisis rank spearman diperoleh bahwa variabel Produk (X1) memiliki hubungan yang kuat dengan keputusan pembelian karena hasil Rank Spearman   (+0.605).

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, 2004. “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktekâ€. Rineka Cipta, Jakarta.

Assauri, Sofjan. 2013. “Manajemen Pemasaranâ€. Edisi Satu. Cetakan Kedua belas: PT Rajagrafindo Persada. Jakarta.

Danang, Sunyoto, 2013. Perilaku Konsumen. CAPS (Center of Academic Publishing Service). Yogyakarta

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Prenhallindo. Jakarta

Kotler, Philip dan Amstrong, Gery. 2005. “Prinsip-prinsip Pemasaranâ€. Edisi delapan belas: Erlangga, Jakarta.

Stanton, William, J. 2003. “Prinsip Pemasaranâ€, Jilid I, terjemahan Y. Lamarto, edisi kesepuluh, cetakan kesepuluh: Erlangga, Jakarta.

Sudjana, 1996. “Statistikaâ€: Tarsito, Bandung.

Sugiyono.2005. “Memahami Penelitian Kualitatifâ€: Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. 2010. “Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&Dâ€: Alfabeta. Bandung.

Swasta, Basu dan Sukotjo. 2000. “Manajemen Pemasaran Modernâ€. Liberty. Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy, 2007. “Strategi Pemasaranâ€. Edisi Kedua, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Umar, Husein, 2005. “Riset Pemasaran & Perilaku Konsumenâ€. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta




DOI: https://doi.org/10.47896/je.v17i1.44

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.