Analisis Faktor Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Sim Online Di Satlantas Kota Bukittinggi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap Kepuasan Masyarakat pada Pelayanan SIM online, pengaruh fasilitas terhadap Kepuasan Masyarakat pada Pelayanan SIM online, dan pengaruh kepercayaan terhadap Kepuasan Masyarakat pada Pelayanan SIM online di Satlantas Kota Bukittinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode penelitian kuantitatif merupakan salah satu jenis penelitian yang spesifikasinya adalah sistematis, terencana dan terstruktur dengan jelas sejak awal hingga pembuatan desain penelitiannya. Teknik pengolahan Datanya dengan menggunakan Structural Equation Modelling Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan secara positif berpengaruh terhadap Kepuasan Masyarakat pada pelayanan SIM online di Satlantas Kota Bukittinggi. Hasil pengujian menunjukkan nilai Original Sample Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Masyarakat sebesar 0,244 dan t-statistik yaitu sebesar 1,988 atau p-valuenya bernilai 0,047 yang kecil dari 0,05. Kemudian Fasilitas Pelayanan secara positif berpengaruh terhadap Kepuasan Masyarakat pada pelayanan SIM online di Satlantas Kota Bukittinggi. Hasil pengujian menunjukkan nilai Original Sample Fasilitas Pelayanan terhadap Kepuasan Masyarakat sebesar 0,299 dan t-statistik yaitu sebesar 2,639 atau p-valuenya bernilai 0,008 yang kecil dari 0,05. Dan terakhir Kepercayaan Masyarakat secara positif berpengaruh terhadap Kepuasan Masyarakat pada pelayanan SIM online di Satlantas Kota Bukittinggi. Hasil pengujian menunjukkan nilai Original Sample Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Masyarakat sebesar 0,112 dan t-statistik yaitu sebesar 3,840 atau p-valuenya bernilai 0,000 yang kecil dari 0,05.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Kepercayaan, Kepuasan Masyarakat, SIM Online
Full Text:
PDF INDONESIADOI: https://doi.org/10.47896/je.v22i2.577
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.