Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Siswa Sma Pondok Pesantren Modern Nurul Ikhlas
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Siswa Pada SMA Pondok Pesantren Modern Nurul Ikhlas. Untuk melakukan penelitian, penulis menggunakan data primer yang langsung diperoleh dari objek penelitian melalui pernyataan dari kuesioner yang terstruktur dan telah dijawab oleh responden, populasinya berjumlah 203 orang dan sampel 67 orang yang merupakan siswa kelas XI dan XII SMA PPM Nurul Ikhlas tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah jenis deskriptif kuantitatif. Alat analisis yang digunakan adalah regresi berganda menggunakan program SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa tangible (X1), reliabilty (X2), assurance (X4) dan empathy (X5) berpengaruh positif dan signifikan, sedangkan variabel responsiveness (X3), tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan siswa. Hasil pengujian secara simultan diketahui bahwa variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan adalah reliability.
Kata kunci: Kualitas Pelayanan dan Kepuasan
Full Text:
PDF INDONESIADOI: https://doi.org/10.47896/je.v23i2.579
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.