Pengaruh Kemampuan Kerja, Fasilitas Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pelayanan Perizinan (Studi Kasus Pada Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Perindustrian Dan Tenaga Kerja Kota Bukittinggi)

Yulihasri Yulihasri, Afnizar Afnizar, Dasep Suryanto

Abstract


Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Perindustrian dan Tenaga Kerja Kota Bukittinggi merupakan salah satu instansi yang menyelenggarakan pelayanan publik di Kota Bukittinggi, terutama dalam Bidang Pelayanan Perizinan, baik pelayanan pemberian perizinan baru, perubahan perizinan, perpanjangan/registrasi/daftar ulang serta memberikan informasi data dan pengaduan perizinan yang telah diterbitkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi Pengaruh Kemampuan Kerja, Fasilitas Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Perindustrian dan Tenaga Kerja Kota Bukittinggi.

Namun Variabel Kemampuan kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan lebih kuat terhadap kinerja Pegawai dengan nilai P-Value 0,000, Nilai sample mean sebesar 0,539 maka kemampuan kerja berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai. Setiap peningkatan kemampuan kerja 1 satuan, akan meningkatkan kinerja pegawai sebesar 0,539 satuan. Semakin tinggi kemampuan kerja, maka semakin tinggi kinerja pegawai. Nilai t statistik sebesar 4,784 lebih besar dari syarat t-statistik 1,96 dan p-value 0,000 < alpha 0.05, maka tolak H0 terima H1 artinya kemampuan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. Kemudian diikuti oleh Variabel Motivasi Kerja dan Fasilitas Kerja. Untuk itu disarankan kepada Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Perindustrian dan Tenaga Kerja Kota Bukittinggi untuk membuatĀ  kebijakan stategis yang berkaitan dengan kemapuan kerja diantaranya dengan memberikan kesempatan kepada pegawai untuk mengupgade pendidikannya, memberikan pelatihan teknis Administrasi maupun Pelatihan teknis yang dapat menunjang pelayanan yang berbasis Costumer Service Excellent, serta kemampuan dalan mengelola Teknologi Informasi yang berkaitan dengan Aplikasi Perizinan. Saran selanjutnya yakni mempercepat pembangunan Mall Pelayanan Publik dan Fasilitas Kerja Pegawai, dan meningkatkan Motivasi Kerja dengan memberikan insetif yang sesuai, menjamin keamanan dan keselamatan kerja serta menciptakan hubungan yang baik dan saling mendukung antar sesama pegawai.

Kata Kunci : Kemampuan Kerja, Fasilitas Kerja, Motivasi kerja dan Kinerja Pegawai

Full Text:

PDF INDONESIA


DOI: https://doi.org/10.47896/je.v22i2.581

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.