ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN WISATAWAN DOMESTIK MENGUNJUNGI OBYEK WISATA DI KOTA BUKITTINGGI

Sri Kemala

Abstract


Pariwisata terdiri dari tiga komponen yaitu wisatawan (tourist), elemen-elemen geografi (geographical elements) dan industri pariwisata (tourism industry). Wisatawan merupakan komponen yang sangat penting dalam hal ini, karena wisata pada dasarnya merupakan pengalaman manusia. Kota Bukittinggi sebagai salah satu kota yang ada di Sumatera Barat merupakan destinasi wisata yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan baik dari mancanegara maupun domestik yang menawarkan beragam obyek wisata yang menarik dan digemari para wisatawan.Kecenderungan wisatawan mengunjungi obyek wisata yang ada di Bukittinggi disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya lingkungan, perbedaan sumber daya dan psikologis. Dari hasil penelitian ternyata faktor psikologis dominan mempengaruhi keputusan wisatawan berkunjung yakni dari variabel persepsi terhadap obyek wisata di kota Bukittinggi. Jadi dapat disimpulkan bahwa persepsi dari masing-masing wisatawan terhadap obyek wisata, dan media-media iklan obyek wisata tersebut memiliki pengaruh yang kuat terhadap keputusan wisatawan untuk berkunjung ke obyek wisata dikota Bukittinggi.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 1993. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S, 2002. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Azwar, Saifuddin. 2003. Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Edisi Kedua. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

Azwar, Saifuddin, 2000. Reliabilitas dan Validitas.Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Azwar, Saifuddin, 2005. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Badrudin, Rudy, 2011. PengaruhPendapatandanBelanja Daerah TerhadapPembangunan Manusia.BuletinEkonomi.

BPS, Berita Resmi Statistik Provinsi Sumatera Barat No.03/1/13/th.XVIII, 2015

Hamid, Abdul, 2007. Pedoman Penulisan Skripsi. Jakarta: FEIS.

Hartono, Sunaryati, 1974. MencariBentukdanSistemHukumPerjanjianNasional Kita.Bandung: Alumni.

Indra, Nyoman, 2013, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Wisatawan Domestik Berkunjung Ke Bali Safari & Marine Park, Gianyar Bali. http://www.google.com

Inskeep, Edward, 1991. Tourism Planning An Integrated and SustainableDevelopment Approach. New York: Van Nostrand Reinhold.

Mardalis, 2010, Metode Penelitian, Edisi 1, Cet.12, Jakarta: Bumi Aksara

Mowen, John C &Minor, Michail, 2002, Perilaku Konsumen, Jilid 2, edisi kelima. Jakarta: Erlangga.

Nugroho, Bhuono Agung, 2005. Strategi Jitu Memilih Statistik Penelitian Dengan SPSS, Edisi 1.Penerbit ANDI.

Kotler, Philip & Keller, 2008, Manajemen Pemasaran Jilid 1, edisi ke tigabelas,Jakarta: Erlangga.

Pendit, Nyoman, S, 1994. Ilmu Pariwisata Sebuah Pengantar Perdana. Jakarta: Pradnya Paramita.

Pendit, Nyoman, S, 1999. Ilmu Pariwisata Sebuah Pengantar Perdana. Cetakan Keenam (Edisi Revisi). Jakarta: Pradnya Paramita.

Prasetijo, Ristiyanti, & IhalawJohn. 2005. Prilaku Konsumen, edisi pertama.Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sarwono, J, 2012 Statistik Multivariat Aplikasi Untuk Riset Skripsi. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Schiffman, L.G, & Kanuk, L.L, 1997. Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.

Simamora, Bilson, 2005. Analisis Multivariat Pemasaran. Jakarta: PT. Elex Media Kompotindo.

Sugiyono, 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kulaitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kulaitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supranto, J, 2002. Metode Riset Aplikasinya Dalam Pemasaran. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Suwartoro, G, 1997. Dasar-Dasar Pariwisata. Yogyakarta: ANDI.

Spillane J. J, 1987.Pariwisata Indonesia SejarahdanProspeknya. Yogyakarta: Kanisius.

Sunyoto, Danang, 2013, Perilaku Konsumen, Panduan Riset Sederhana Untuk Mengenali Konsumen, PT.Buku Seru

Sutisna, 2001. Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Tahwin,M,2003.PengembanganObyekWisataSebagaiSebuahIndustriStudiKasusKabupatenRembang.JurnalGemawisata, Vol. 1, No.3/November 2003.

Umar, Husain, 2009. Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Undang-undang Repoblik Indonesia No. 9 Tahun 1990 Tentang Kepariwisataan Indonesia.

Yoeti, Oka A, 1986. Pemasaran Pariwisata. Bandung: PT. Angkasa.

http://www.bukittinggikota.bps.go.id

http://www.bukittinggiwisata.com




DOI: https://doi.org/10.47896/je.v19i1.6

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.