Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Puskesmas Kebun Sikolos Kecamatan Padang Panjang Barat

Yimmi Syavardie

Abstract


Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan di Puskesmas Kebun Sikolos dengan kode Puskesmas P1374010201, alamat jl. Anas Karim no.24 Kelurahan Kampung Manggis, Kecamatan Padangpanjang Barat diperoleh hasil, dari semua variabel ; keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien pada Puskesmas Kebun Sikolos Kecamatan  Padang Panjang Barat. Nilai ekspektasi B dari variabel keandalan mempunyai pengaruh yang lebih besar terhadap kepuasan para pasien yaitu dengan nilai ekspektasi B = 2,543. Sedang pengaruh yang rendah diantara variabel yang diteliti terhadap kepuasan pasien adalah Daya Tanggap, dengan nilai ekspektasi B = 0,276.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2002. Metodologi Penelitan. Penerbit PT. Rineka Cipta.

Azwar, Azrul. 2007. Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan. Sinar Harapan, Jakarta.

Budiastuti. 2002. Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Rumah Sakit. http://klinis.wordpress.com/2007/12/28/Kualitas-pelayanankeperawatan/.

Haryanti (2000). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Airlangga University. Surabaya.

Husain Umar. 2005. Manajemen Riset dan Perilaku Konsumen. PT. Gramedia Pusat: Jakarta.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2001. Dasar – Dasar Pemasaran. Jilid 1. Edisi Kelima. Intermedia. Jakarta.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2008. Manajemen Pemasaran (Edisi Kedua Belas), Cetakan Ketiga, PT. Indeks, Jakarta.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2003. Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta.

Purwanto, 2007. Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Rumah Sakit. Retrievied 28 December 2007 from http://klinis.wordpress.com

Santoso, S. 2010. Statistik Multivariat Konsep dan Aplikasi dengan SPSS. PT Elex Media Komputindo. Jakarta

Schiffman and Lazar Kanuk, 2000, Costumer Behaviour, Internasional Edition, Hall

Siregar, Charles. 2004. Farmasi Rumah Sakit Teori dan Penerapan. JP. Cetakan I, Penerbit EGC, Jakarta.

Supardi, Sudibyo. 2008. Kepuasan pasien rawat inap di puskesmas, Indramayu.

Supranto, J. 2001. Pengukuran Tingkat Kepuasan pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar, Rineke Cipta, Jakarta.

Tjiptono, Fandy, 2005. Pemasaran Jasa. Bayumedia Publising. Malang.

Trisnantoro, Laksono. 2004. Memahami Penggunaan Ilmu Ekonomi Dalam Manajemen Rumah Sakit. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.47896/je.v19i1.7

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.