PENGARUH LEVERAGE, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, DAN GROWTH TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2012-2015

Rahmad Rahmad

Abstract


Obyek Penelitian ini adalah Perusahaan manufaktur di BEI sebanyak 135 perusahaan dikurangi dengan Perusahaan yang delistingserta belum terdaftar, Perusahaan yang tidak mempublikasikan laporan tahunan berturut-turut, dan Perusahaan yang menggunakan mata uang selain rupiah selama periode pengamatan dari tahun 2012-2015sehingga dapat diketahui objek  penelitian ini sebanyak 71 perusahaan. Adapun tujuan penelitian ini untuk Menguji secara empiris  pengaruhleverage terhadap kebijakan dividen, pengaruh kepemilikan manajerial terhadap kebijakan dividen, pengaruh growth terhadap kebijakan dividen dan pengaruh bersama-sama  leverage, kepemilikan manajerial dan growth terhadap kebijakan dividen. Analisis data penelitian yang dipergunakan adalah model persamaan struktural dengan program aplikasi SPSS untuk menguji 4 (empat) hipotesis yang telah dikembangkan , hubungan yang telah dihipotesiskan merupakan hubungan kausal. Dari hasil hipotesis menunjukan bahwa 4 (empat)  hipotesis yang diajukan  diterima hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan dan negatif leverage (DER)  terhadap kebijakan dividen (DPR),terdapat pengaruh yang signifikan dan negatif Kepemilikanmanajerial   terhadap kebijakan dividen (DPR),terdapat pengaruh yang signifikan dan negatif Growth   terhadap kebijakan dividen (DPR) dan terdapat pengaruh yang signifikan leverage (DER),kepemilikan manajerial   dan Growth terhadap kebijakan dividen (DPR).

Full Text:

PDF

References


Alfredo Mahendra. 2011. Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan (Kebijakan Dividen sebagai Variabel Moderating) Pada Perusahaan Manufaktur Di BEI. Universitas Udayana.

Brigham, E. F. and L. C. Gapenski. 2006. Intermediate Financial Management. 7th edition. SeaHarbor Drive: The Dryden Press.

Budi, Sanjaya. 2009. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kebijakan Dividen pada Perusahaan Publik Di Indonesia.Jurnal Kajian Akuntansi. Vol. 4.No. 1. Pp: 15-24.

Deshmkh, Sanjay, 2005. “The Effect of Asymetric Informartion on Dividen Policyâ€.Quarterly Journal of Business and Economics, Vol 44. No 1 dan 2.

Devi dan Erawati, 20014. “ Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Leverage, dan Ukuran Perusahaan pada Kebijakan Dividen Perusahaan Manuufaktur. E-Junral Akuntansi Universitas Udayana. Hal 709-716. ISSN 2302- 8556.

Fakhrudin, Hendi. 2008. Istilah Pasar Modal A-Z. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kasmir. 2008. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers.

Lopolusi, Ita. (2013). “Analisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi Kebijakan Dividen Sektor Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2007-2011â€.Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol. 2 No. 1. April. 2013. Surabaya : Universitas Surabaya

Rahcmad, Anggie Noor dan Duil Muid. 2013. Pengaruh Struktur Kepemilikan, Leverage dan Return On Assets (ROA) Terhadap Kebijakan Dividen (Studi Empiris pada Perusahaan Non Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia ). Diponegoro Journal of Accounting. Vol. 2. No.3. Hal. 1-11.

Rahmawati, Christina Heti Tri (2011). Pengaruh Insider Ownership, Institutional Ownership, Dispersion Of Ownership, Tingkat Pertumbuhan Penjualan, Dan Risiko Perusahaan terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2003-2006. Widya Warta. No. 1

Sanjaya, I Putu Budi.2009. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Publik di Indonesia.Jurnal AkuntansiVol. 4, No. 1, hal. 15-24.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.

Suwaldiman dan Ahmad Aziz. 2006. Pengaruh Insider Ownership dan Risiko Pasar terhadap Kebijakan Dividen, Sinergi, Vol. 8 (No. 1), Januari; 53-64

Suwaldiman, Aziz, 2007. “ Analisis Simultan Antara Kepemilikan Manajerial , Profitabilitas dan Kebijakan Dividen Perusahaan Manufaktur di Indonesiaâ€, Jurnal Ekonomi STIE. Surakarta.

Unzu Marietta dan Djoko Sampurno. Januari 2013. “ Analisis Pengaruh Cash Ratio, Return On Assets, Growth, Firm Size, Debt to Equity Ratio terhadap Dividend Payout Ratio pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEIâ€. Jurnal Manajemen. Vol. 2. No. 3. ISSN 2337-3792.

Wibowo, Ramadani. dan Aisjah, Siti. 2013. Pengaruh Profitabilitas, Kepemilikan Manajerial, Kebijakan Dividen, Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan. cxdJurnal. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeritas Brawijaya. Palembang




DOI: https://doi.org/10.47896/je.v19i1.8

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.