ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJULAAN PAD CAFE KOPMIL IJO PAYAKUMBUH
Abstract
This research is qualitative with the SWOT Analysis method, IFE and EFE Matrix Analysis, SWOT matrix analysis and Score Weight Analysis Table and QSPM Model. The purpose of this study was to determine and analyze marketing strategies in increasing sales at Kopmil Ijo Payakumbuh cafe. SWOT Matrix Analysis by finding four main strategies in increasing sales, namely: SO, WO, ST and WT strategies. The results showed that SO strategies had the highest score which is 3.07, followed by a WO strategy of 2.67 and an ST strategy of 2.65 and a WT strategy of 2.25. So the SO strategy that can be applied to increase sales at Cafe Kopmil Ijo Payakumbuh.
Penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode Analisis SWOT, Analisis Matriks IFE dan EFE, Analisis matrik SWOT dan Analisis Tabel Bobot Skor serta QSPM Model. Analisis Matriks SWOT dengan menemukan empat strategi utama dalam meningkatkan penjualan yaitu : Strategi SO, WO,ST dan WT.Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi SO mempunyai skor tertinggi yaitu sebesar 3,07 ,diikuti oleh strategi WO sebesar 2,67 dan strategi ST sebesar 2,65 serta strategi WT 2,25. Jadi strategi SO yang dapat diterapkan untuk meningkatkan penjualan pada Kafe Kopmil Ijo Payakumbuh
Full Text:
PDF INDONESIAReferences
Angipora, Marius. 2000. Dasar-Dasar Pemasaran, Edisi Kedua, Cetakan Penerbitan Ghalia Indonesia, Jakarta Dasa, Alemba Empat, Jakarta
Ariyanti,Sufie. 2016. Makalah Manajemen Strategik, Wiyata Indonesia Institute,Sukabumi
Assauri,Sofyan. 1999. Manajemen Pemasaran, Edisi Pertama, Jakarta, Raja Grafindo
Assauri,Sofyan. 2008. Managemen Pemasaran, edisi ke satu, cetakan kesembilan, Jakarta, Raja Grafindo
Asmiati,Reni. 2016. Skripsi Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pakaian Wanita Pada Toko Smile Fashion. STIE HAS. Bukittinggi.
Basu dan Irawan. 2002. Managemen Pemasaran Modern. Yogyakarta Liberty
Benni. 2009. Pemasaran Bisnis, PT.Dian Rakyat, Anni, Jakarta.
David Fred R. 2006. Managemen Strategis. Edisi Sepuluh, Penerbit Salemba Empat, Jakarta
Draft. 2000. Pemasaran Dasar, Salemba Empat, Jakarta
Fandi,Tjiptono. 2000. Prinsip Dan Dinamika Pemasaran, Yogyakarta, J&J Learning
Fred R. 2006. Manajemen Strategis. Edisi Sepuluh, Penerbit Salemba Empat, Jakarta
Gitosudarmo .2000. Managemen Kinerja. Edisi ketiga. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Husein. 2002. Riset Pemasaran Dan Prilaku Konsumen. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Husein. 2005. Riset Pemasaran Dan Prilaku Konsumen. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Jogiyanto. 2005. Sistem Informasi Strategik Untuk Keunggulan Kompetitif. Penerbit Andi Offset, Yogyakarta
Kaplan, Robert dan David Norton. 2010. Execution Premium, Jakarta, Ufuk Press
Kismono. 2000. Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Alfabeta
Kotler,Philip.2002. Manajemen Pemasaran, Jakarta:Erlangga
Kotler,Amstrong.2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta:Rajawali Press
Kotler,Philip. 2000. Marketing Manajemen, Cetakan Kelima,Erlangga
Mahfoedz. 2000. Pengantar Pemasaran Modern, Edisi Pertama, Cetakan Pertama,Penerbit:UPP AMP YKPN, Yogyakarta
Marus P. 2002. Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi Kedua, Cetakan Kedua, Penerbit Ghalia Indonesia. Jakarta Dasar. Salemba Empat, Jakarta
Mr,Geleq.2014. Pengertian Riset Pemasaran Online. Jakarta
Munadi,Fandi,Ahmad. 2016. Jurnal Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Kendaraan Motor Pada CV Turangga Mas Motor. Universitas Gunadarma
Rangkuti,Fredy. 2009. Strategi Promosi Yang Keratif. Jakarta, PT. Gramedia Pustaka
Rangkuti,Freddy. 2000. Analisis SWOT Untuk Membedah Kasus Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta
Rangkuti,Freddy. 2002. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta
Rangkuti,Freddy. 2006. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Rangkuty. 2010. Teknik Tabel Bobot Skor. Gramedia Pustaka Utama
Stanton,Wiliam. 1995. Prinsip Pemasaran,MC,Graw Hill Book Company, Fitth Edisi ke 7, Jakarta
Stanto,Wiliam. 2001. Prinsip Pemasaran. Erlangga. Jakarta
Swastha,Basu. 2002. Asas-Asas Marketing, Yogyakarta, Liberty
Sunarto. 2003. Prinsip-Prinsip Pemasaran, AMUS Yogyakarta
Sutrisno. 2009. Managemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Prenanda Media Group
Umar,Husein. 2003. Strategik Management In Action. Cetakan Kedua, PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta
Wardana,Wayan,Krisna. 2016. Jurnal Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Perusahaan Tekstil. CV. Rajawali Textile. Bali
DOI: https://doi.org/10.47896/je.v21i2.94
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.