ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJULAAN PAD CAFE KOPMIL IJO PAYAKUMBUH

Rina Supryanita, Desi Amelia Putri

Abstract


This research is qualitative with the SWOT Analysis method, IFE and EFE Matrix Analysis, SWOT matrix analysis and Score Weight Analysis Table and QSPM Model. The purpose of this study was to determine and analyze marketing strategies in increasing sales at Kopmil Ijo Payakumbuh cafe. SWOT Matrix Analysis by finding four main strategies in increasing sales, namely: SO, WO, ST and WT strategies. The results showed that SO strategies had the highest score which is 3.07, followed by a WO strategy of 2.67 and an ST strategy of 2.65 and a WT strategy of 2.25. So the SO strategy that can be applied to increase sales at Cafe Kopmil Ijo Payakumbuh.

 

Penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode Analisis SWOT, Analisis Matriks IFE dan EFE, Analisis matrik SWOT dan Analisis Tabel Bobot Skor serta QSPM Model. Analisis Matriks SWOT dengan menemukan empat strategi utama dalam meningkatkan penjualan yaitu : Strategi SO, WO,ST dan WT.Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi SO mempunyai skor tertinggi yaitu sebesar 3,07 ,diikuti oleh strategi WO sebesar 2,67 dan strategi ST sebesar 2,65 serta strategi WT 2,25. Jadi  strategi SO yang dapat diterapkan untuk meningkatkan penjualan pada Kafe Kopmil Ijo Payakumbuh


Full Text:

PDF INDONESIA

References


Angipora, Marius. 2000. Dasar-Dasar Pemasaran, Edisi Kedua, Cetakan Penerbitan Ghalia Indonesia, Jakarta Dasa, Alemba Empat, Jakarta

Ariyanti,Sufie. 2016. Makalah Manajemen Strategik, Wiyata Indonesia Institute,Sukabumi

Assauri,Sofyan. 1999. Manajemen Pemasaran, Edisi Pertama, Jakarta, Raja Grafindo

Assauri,Sofyan. 2008. Managemen Pemasaran, edisi ke satu, cetakan kesembilan, Jakarta, Raja Grafindo

Asmiati,Reni. 2016. Skripsi Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pakaian Wanita Pada Toko Smile Fashion. STIE HAS. Bukittinggi.

Basu dan Irawan. 2002. Managemen Pemasaran Modern. Yogyakarta Liberty

Benni. 2009. Pemasaran Bisnis, PT.Dian Rakyat, Anni, Jakarta.

David Fred R. 2006. Managemen Strategis. Edisi Sepuluh, Penerbit Salemba Empat, Jakarta

Draft. 2000. Pemasaran Dasar, Salemba Empat, Jakarta

Fandi,Tjiptono. 2000. Prinsip Dan Dinamika Pemasaran, Yogyakarta, J&J Learning

Fred R. 2006. Manajemen Strategis. Edisi Sepuluh, Penerbit Salemba Empat, Jakarta

Gitosudarmo .2000. Managemen Kinerja. Edisi ketiga. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Husein. 2002. Riset Pemasaran Dan Prilaku Konsumen. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Husein. 2005. Riset Pemasaran Dan Prilaku Konsumen. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Jogiyanto. 2005. Sistem Informasi Strategik Untuk Keunggulan Kompetitif. Penerbit Andi Offset, Yogyakarta

Kaplan, Robert dan David Norton. 2010. Execution Premium, Jakarta, Ufuk Press

Kismono. 2000. Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Alfabeta

Kotler,Philip.2002. Manajemen Pemasaran, Jakarta:Erlangga

Kotler,Amstrong.2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta:Rajawali Press

Kotler,Philip. 2000. Marketing Manajemen, Cetakan Kelima,Erlangga

Mahfoedz. 2000. Pengantar Pemasaran Modern, Edisi Pertama, Cetakan Pertama,Penerbit:UPP AMP YKPN, Yogyakarta

Marus P. 2002. Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi Kedua, Cetakan Kedua, Penerbit Ghalia Indonesia. Jakarta Dasar. Salemba Empat, Jakarta

Mr,Geleq.2014. Pengertian Riset Pemasaran Online. Jakarta

Munadi,Fandi,Ahmad. 2016. Jurnal Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Kendaraan Motor Pada CV Turangga Mas Motor. Universitas Gunadarma

Rangkuti,Fredy. 2009. Strategi Promosi Yang Keratif. Jakarta, PT. Gramedia Pustaka

Rangkuti,Freddy. 2000. Analisis SWOT Untuk Membedah Kasus Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Rangkuti,Freddy. 2002. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Rangkuti,Freddy. 2006. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Rangkuty. 2010. Teknik Tabel Bobot Skor. Gramedia Pustaka Utama

Stanton,Wiliam. 1995. Prinsip Pemasaran,MC,Graw Hill Book Company, Fitth Edisi ke 7, Jakarta

Stanto,Wiliam. 2001. Prinsip Pemasaran. Erlangga. Jakarta

Swastha,Basu. 2002. Asas-Asas Marketing, Yogyakarta, Liberty

Sunarto. 2003. Prinsip-Prinsip Pemasaran, AMUS Yogyakarta

Sutrisno. 2009. Managemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Prenanda Media Group

Umar,Husein. 2003. Strategik Management In Action. Cetakan Kedua, PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Wardana,Wayan,Krisna. 2016. Jurnal Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Perusahaan Tekstil. CV. Rajawali Textile. Bali




DOI: https://doi.org/10.47896/je.v21i2.94

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.