ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SMARTPHONE OPPO
Abstract
The study was backed by the telecommunications industry with a rapid growing became a mirror of tight and the high need for information which is easily accessible by the public. This research aims to know the influence of the brand image and product quality of Oppo smartphone product purchases. This research was conducted against students STIE Haji Agus Salim Bukittinggi majoring in management. After a review of the literature, and the preparation of the hypothesis, the data collected through questionnaire method deployed to 77 people respondents by using random sampling method. Analysis of the method used is descriptive analysis with logistic regression with binary using data processing using SPSS 16.0 for windows ver. Then conducted the analysis with the data using the test of validity, reliability, descriptive variable analysis (TCR), binary logistic regression test, wald test, ekspetasi test, G and nagelkerke so obtained by the equation Y-9.689 0, 292X1 0, 169X2. The results showed that the brand image and product quality positively and significantly to the influential buying decision either by partial and simultaneous. The most influential variables on the purchasing decision is a brand image with a percentage of that factor and 0.292 least affect the purchasing decision variable is the corporate image is by percentage of 0.169.
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan tumbuh pesatnya industri telekomunikasi yang menjadi cermin dari ketat dan tingginya kebutuhan akan infomasi yang mudah diakses oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk smartphone Oppo. Penelitian ini dilakukan terhadap mahasiswa STIE Haji Agus Salim Bukittinggi Jurusan Manajemen. Setelah dilakukan tinjauan pustaka, dan penyusunan hipotesis, data dikumpulkan melalui metode kuesioner yang disebar kepada 77 orang responden dengan menggunakan metode random sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan menggunakan binary logistic regression dengan pengolahan data menggunakan SPSS ver.16.0 for windows. Kemudian dilakukan analisis dengan data yang ada menggunakan uji validitas, reliabilitas, analisis deskriptif variabel (TCR), binary logistic regression , uji wald, uji G, uji ekspetasi dan nagelkerke sehingga didapatkan persamaan Y = -9,689+0,292X1+0,169X2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian baik secara parsial dan simultan. Variabel yang paling berpengaruh besar terhadap keputusan pembelian adalah citra merek dengan presentase sebesar 0,292 dan faktor yang paling kecil mempengaruhi keputusan pembelian adalah variabel kualitas produk adalah dengan presentase sebesar 0,169.
Full Text:
PDF INDONESIAReferences
Dewi, M. P. (n.d.). Analisis Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone OPPO F1 Plus di Grand Selluler PTC.
Indra, & Lestari, F. A. (2016). Nilai pelanggan dan citra perusahaan terhadap minat beli di toko cermin simpang tiga pasar bedeng viii kayu aro kecamatan kayu aro barat, 1(1), 1–5.
Roisah, R., & Riana, D. (2016). Telaah Hubungan Citra Merek, Kualitas Produk Dan Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Ecodemica, 4(1), 100–107. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/351/pdf
Sulistyawati, P. (2011). Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Merek Acer diKota Semarang. Manajemen, 1–25.
Tjahjaningsih, E., & Maurine, Y. (2009). Analisis kualitas produk dan citra merek dalam mempengaruhi keputusan pembelian dan dampaknya terhadap loyalitas merek HP Nokia. Jurnal Ilmiah Telaah Manajemen, 6(2), 104–118.
Arikunto, Suharsimi. (2010), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta: Jakarta
DOI: https://doi.org/10.47896/je.v23i1.99
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.