AKSELERASI ADAPTASI REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DI TENGAH PANDEMI COVID-19, SEBAGAI PELUANG PENINGKATAN SEKTOR EKONOMI DAN BISNIS MELALUI DIGITALISASI STRATEGI BISNIS
(1) Magister Ekonomi Syariah IAIN Bukittinggi, Indonesia
(2) Magister Ekonomi Syariah IAIN Bukittinggi, Indonesia
Corresponding Author
Abstract
The Covid 19 pandemic so far has made a huge impact in various lines of life, especially for the Indonesian. This pandemic has not only caused a crisis in the health sector, but has created a domino effect that has also caused crises in other fields such as economic, social and religious life. From an economic standpoint, the outbreak of the Covid 19 virus has forced many business actors to go out of business or if someone survives they are forced to cut the number of employees so that the flow of layoffs increases during this time. Business actors who are trying to survive on this crisis are required to find the best solutions to keep producing and selling products, of course with more innovative things. The following article is a literature study on how accelerated adaption to the industrial revolution 4.0 in the Corona Virus Desease 19 pandemic as an opportunity to increrase the economic and business sectors through digitization of business strategies. The method used is to examine several research results that have been published in journals that explain the Covid 19 pandemic and solutions for business people to survive at this time. The findings of this study inform that one of the solutions that can be applied during this pandemic to survive in running a business for business actors is digitization of business strategies in each business run in order to reach wider consumers and increase profitability. This digitization of business strategies has proven to be able to help businesses survive a pandemic by adjusting the sales method that was previously conventional to digital.
Keyword: Corona virus disease-19; industrial revolution 4.0; digitization; business strategy
Pandemi Covid 19 sejauh ini telah mengakibatkan dampak yang begitu besar dalam berbagai lini kehidupan khususnya bagi bangsa Indonesia. Pandemi ini tidak hanya menyebabkan krisi dalam bidang kesehatan saja, namun menimbulkan efek domino sehingga juga menimbulkan krisis di bidang-bidang lain seperti ekonomi, sosial dan kehidupan beragama. Dari sisi ekonomi, mewabahnya virus Covid 19 memaksa banyak para pelaku usaha untuk gulung tikar atau pun jika ada yang bertahan terpaksa memangkas jumlah karyawan sehingga arus gelombang PHK meningkat selama masa ini. Para pelaku usaha yang berusaha bertahan dalam krisis ini, dituntut untuk menemukan solusi terbaik untuk dapat tetap berproduksi dan menjual produk, tentunya dengan hal-hal yang lebih inovatif. Tulisan berikut ini adalah studi literatur tentang bagaimana akselerasi adaptasi revolusi industri 4.0 di tengah pandemi covid-19 sebagai peluang peningkatan sektor ekonomi dan bisnis melalui digitalisasi strategi bisnis. Metode yang digunakan adalah mengkaji beberapa hasil penelitian yang pernah dimuat pada jurnal-jurnal yang menjelaskan seputar pandemic Covid 19 dan solusi bagi pelaku bisnis bertahan di masa ini. Temuan penelitian ini menginformasikan bahwa salah satu solusi yang dapat diterapkan di masa pandemi ini untuk tetap bertahan menjalankan usaha bagi para pelaku usaha adalah dengan digitalisasi strategi bisnis pada tiap-tiap usaha yang dijalankan agar dapat menjangkau konsumen lebih luas dan dapat meningkatkan profitabilitas. digitalisasi strategi bisnis ini terbukti mampu membantu para pelaku usaha untuk bertahan di masa pandemi dengan jalan menyesuaikan metode penjualan yang semula konvensional diubah kea rah digital.
Kata kunci: Covid 19; akselerasi digital; revolusi industri 4.0; digitalisasi; strategi bisnis
References
Agusta Gogali, V., Tsabit, M., & Syarief, F. (2020). Pemanfaatan Webinar Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Di Masa Pandemi Covid-2019 (Studi Kasus Webinar BSI Digination “How To Be A Youtuber And An Entrepreneur”) | Gogali | Cakrawala - Jurnal Humaniora. 20(2), 182–187. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala/article/view/9211/pdf
Anggraini, R. (2020). KEBIJAKAN MONETER SEBAGAI UPAYA PENYELAMATAN PEREKONOMIAN DITENGAH PANDEMI Corona Virus Disease-19. 1(November), 80–97.
Anugrah, R. J. (2020). Efektifitas penerapan strategi online marketing oleh umkm dalam masa pembatasan sosial berskala besar (psbb) corona viruses disease 2019 (covid-19). Manova, 2(2), 55–65.
Awali, H., & Rohmah, F. (2020). DI TENGAH DAMPAK COVID-19. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 1–14.
Bhatti, A., Akram, H., Basit, H. M., Khan, A. U., Naqvi, S. M. raza, & Bilal, M. (2020). E-commerce trends during COVID-19 Pandemic. International Journal of Future Generation Communication and Networking, 13(2), 1449–1452.
Fadly, H. D., & Sutama. (2020). Membangun pemasaran online dan digital branding ditengah pandemi covid-19. Jurnal Ecoment Global : Kajian Bisnis Dan Management, 5, 213–222.
Hamdan, H. (2018). Industri 4.0: Pengaruh Revolusi Industri Pada Kewirausahaan Demi Kemandirian Ekonomi. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 3(2), 1. https://doi.org/10.29407/nusamba.v3i2.12142
Ilham, Muttaqin, M. Z., Idris, U., & Suryanti, M. S. D. (2020). Kondisi Pengusaha Muda Indonesia di Tengah Pandemi Covid-19 (Work From Home dan Strategi Survive). Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya, 4(1 (Special Issue)), 59–68.
Pakpahan, A. K. (2020). Covid-19 Dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 0(0), 59–64. https://doi.org/10.26593/jihi.v0i0.3870.59-64
Suswanto, P., & Setiawati, S. D. (2020). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SHOPEE DALAM MEMBANGUN POSITIONING DI TENGAH PANDEMI COVID-19 DI INDONESIA. LINIMASA : JURNAL ILMU KOMUNIKASI E-ISSN : 2614-0381, ISSN : 2614-0373, 3 (2)(Juli), 16–29. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23969/linimasa.v3i2.2754
Thaha, A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Brand, 2(1), 147–153.
Ulya, H. N. (2020). Alternatif Strategi Penanganan Dampak Ekonomi Covid-19 Pemerintah Daerah Jawa Timur Pada Kawasan Agropolitan. El-Barka: Journal of Islamic Economics and Business, 3(1), 80–109. https://doi.org/10.21154/elbarka.v3i1.2018
Yuliana. (2020). Corona Virus Diseases (Covid-19); Sebuah tinjauan Literatur. Wellness and Healty Magazine; ISSN 2656-0062, 2(February), 187–192. https://doi.org/10.2307/j.ctvzxxb18.12
Yuliani, R. (2020). Analisis Dampak Covid 19 Terhadap Ekonomi Islam. TANWIRUL UQUL, 01, 190–19.
Sirclo. (2020). SIRCLO Rilis Laporan Tren Perkembangan Industri E-Commerce dan Harbolnas di Indonesia Saat Pandemi. diunduh dari https://sirclo.com . tanggal 4 Desember 2020.
Victoria, Widya. 2020. Upaya Pelaku Usaha Untuk Tetap Bertahan dan Bangkit di Tengah Pandemi COVID-19. diunduh di https://www.ayojakarta.com. tanggal 3 Desember 2020
katadata insight centre. 2020. Digitalisasi, Strategi UMKM Selamat dari Krisis: Tantangan terbesar UMKM Pulih Dari Krisis Saat Ini Karena Minimnya Pengetahuan Menjalankan Usaha Berbasis Digital. Diunduh di http://www.katadata.co.id. Tanggal 3 Desember 2020
Quipper Campus. 2020. Pahami Yuk Macam-Macam Dampak Pandemi Covid-19 di Kehidupan Kita. Diunduh di http:// www.quipper.com/id/blog/quipper-campus/campus-info/p-dampak-pandemi-covid-19. Tanggal 2 Desember 2020
Article Metrics
Abstract View : 1060 timesPDF INDONESIA Download : 2945 times
DOI: 10.47896/mb.v2i1.303
Refbacks
- There are currently no refbacks.