ANALISIS PERAN PERBANKAN SYARIAH DALAM MENDUKUNG WISATA HALAL DI KABUPATEN PESISIR SELATAN (STUDI KASUS CAROCOK PAINAN)

Rance Linda Mariana Sari(1), Hesi Eka Putri(2),


(1) Institut Agama Islam Negeri Bukittinggi
(2) UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
Corresponding Author

Abstract


Judging from the current condition of Islamic banks in supporting halal tourism, they have not carried out effective socialization to tourism industry players. Promotions, office access and ATM networks are still difficult for tourism actors to find. The responsiveness of Islamic banks is still lacking in taking advantage of opportunities and opportunities to be able to introduce tourism as a quality Islamic bank. This study aims to analyze the role of Islamic banks in supporting halal tourism in Carocok Painan. Approach Method In this study using qualitative descriptive with data collection techniques are documentation and secondary data sources obtained from interviews with BSI staff employees, tourist visitors and business people who are in Carocok Painan. The results of the study indicate that the Indonesian Islamic Bank (BSI) in supporting halal tourism has not been maximal in socializing and encouraging tourism business actors. Access to the BSI office and ATM network is still far and difficult to find from tourist sites. As well as the responsiveness of BSI in taking advantage of existing opportunities but not yet optimal in introducing Islamic Banks to Carocok Painan tourism business actors, as well as the lack of promotions carried out by Islamic banking, the potential of Islamic banks themselves to be able to innovate products by providing specificity of financing products for tourism industry players. and conduct interesting events for the community.

 Keywords: halal tourism; sharia banking

 

Dilihat dari kondisi bank syariah saat ini dalam mendukung wisata halal, mereka belum melakukan sosialisasi yang efektif kepada pelaku industri pariwisata. Promosi, akses kantor dan jaringan ATM masih sulit ditemukan oleh para pelaku pariwisata. Responsivitas bank syariah masih kurang dalam memanfaatkan peluang dan peluang untuk dapat memperkenalkan pelaku pariwisata sebagai wujud bank syariah yang berkualitas Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran bank syariah dalam mendukung wisata halal di Carocok Painan. Metode Pendekatan Dalam penelitian ini menggunakan Deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data adalah dokumentasi dan sumber data sekunder diperoleh dari wawancara dengan karyawan staf BSI, pengunjung wisata dan UMKM yang berada di Carocok Painan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bank Syariah Indonesia (BSI) dalam mendukung wisata halal belum maksimal dalam mensosialisasikan dan mempromosikan pelaku usaha pariwisata. Untuk akses ke kantor BSI dan jaringan ATM masih jauh dan sulit ditemukan dari lokasi wisata. Serta ketanggapan BSI dalam memanfaatkan peluang yang ada namun belum optimal dalam memperkenalkan Bank Syariah kepada para pelaku usaha pariwisata di Carocok Painan, serta kurangnya promosi yang dilakukan oleh perbankan syariah sementara potensi bank syariah itu sendiri dapat melakukan inovasi produk dengan memberikan kekhususan produk pembiayaan bagi para pelaku industri wisata serta melakukan event yang menarik kepada masyarakat.

Kata kunci: Wisata Halal, Perbankan Syariah


References


Adinugraha, H. H., Sartika, M., & Kadarningsih, A. (2018). Desa Wisata Halal: Konsep Dan Implementasinya Di Indonesia. Jurnal Human Falah, 5(1), 28–48.

Aprila, Z. A., & ArthaWibawa, I. M. (2020). The Effect Of Organizational Culture, Work Motivation And Work Experience On Employee Performance. American Journal of Humanities and Social…, 5(3), 869–875. https://www.ajhssr.com/wp-content/uploads/2020/08/I20486873.pdf

Faizal Irany Sidharta, R. B. (2018). Optimalisasi Peran Perbankan Syariah Dalam Mendukung Wisata Halal. Distribusi - Journal of Management and Business, 5(2), 1–14. https://doi.org/10.29303/jdm.v5i2.29

Hutapea, E. G., & Kasri, R. A. (2010). Bank margin determination: a comparison between Islamic and conventional banks in Indonesia. International Journal of Islamic and Middle Eastern Finance and Management, 3(1), 65–82. https://doi.org/10.1108/17538391011033870

Pratiwi, D. S. (2018). Ekonomi Syariah Indonesia Masih Tertinggal. 1. http://eprints.umsida.ac.id/3473/

Rahmat, A., Asyari, A., & Puteri, H. E. (2020). Pengaruh Hedonisme dan Religiusitas Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. EKONOMIKA SYARIAH : Journal of Economic Studies, 4(1), 39. https://doi.org/10.30983/es.v4i1.3198

Saripudin, S., Nadya, P. S., & Iqbal, M. (2021). Upaya Fintech Syariah Mendorong Akselerasi Pertumbuhan UMKM di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 41. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i1.1449

Subarkah, A. R. (2018). Potensi dan Prospek Wisata Halal Dalam Meningkatkan Ekonomi Daerah (Studi Kasus: Nusa Tenggara Barat). Jurnal Sosial Politik, 4(2), 49. https://doi.org/10.22219/sospol.v4i2.5979

Widianita, R., Asyari, A., & Izmuddin, I. (2017). Rasionalitas Konsumsi Rumah Tangga Muslim Kota Bukittinggi. EKONOMIKA SYARIAH : Journal of Economic Studies, 1(2), 98.

Adinugraha, H. H., Sartika, M., & Kadarningsih, A. (2018). Desa Wisata Halal: Konsep Dan Implementasinya Di Indonesia. Jurnal Human Falah, 5(1), 28–48.

Aprila, Z. A., & ArthaWibawa, I. M. (2020). The Effect Of Organizational Culture, Work Motivation And Work Experience On Employee Performance. American Journal of Humanities and Social …, 5(3), 869–875. https://www.ajhssr.com/wp-content/uploads/2020/08/I20486873.pdf

Faizal Irany Sidharta, R. B. (2018). Optimalisasi Peran Perbankan Syariah Dalam Mendukung Wisata Halal. Distribusi - Journal of Management and Business, 5(2), 1–14. https://doi.org/10.29303/jdm.v5i2.29

Hutapea, E. G., & Kasri, R. A. (2010). Bank margin determination: a comparison between Islamic and conventional banks in Indonesia. International Journal of Islamic and Middle Eastern Finance and Management, 3(1), 65–82. https://doi.org/10.1108/17538391011033870

Pratiwi, D. S. (2018). Ekonomi Syariah Indonesia Masih Tertinggal. 1. http://eprints.umsida.ac.id/3473/

Rahmat, A., Asyari, A., & Puteri, H. E. (2020). Pengaruh Hedonisme dan Religiusitas Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. EKONOMIKA SYARIAH : Journal of Economic Studies, 4(1), 39. https://doi.org/10.30983/es.v4i1.3198

Saripudin, S., Nadya, P. S., & Iqbal, M. (2021). Upaya Fintech Syariah Mendorong Akselerasi Pertumbuhan UMKM di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 41. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i1.1449

Subarkah, A. R. (2018). Potensi dan Prospek Wisata Halal Dalam Meningkatkan Ekonomi Daerah (Studi Kasus: Nusa Tenggara Barat). Jurnal Sosial Politik, 4(2), 49. https://doi.org/10.22219/sospol.v4i2.5979

Faizal Irany Sidharta, R. B. (2018). Optimalisasi Peran Perbankan Syariah Dalam Mendukung Wisata Halal. Distribusi - Journal of Management and Business, 5(2), 1–14. https://doi.org/10.29303/jdm.v5i2.29

Hutapea, E. G., & Kasri, R. A. (2010). Bank margin determination: a comparison between Islamic and conventional banks in Indonesia. International Journal of Islamic and Middle Eastern Finance and Management, 3(1), 65–82. https://doi.org/10.1108/17538391011033870

Pratiwi, D. S. (2018). Ekonomi Syariah Indonesia Masih Tertinggal. 1. http://eprints.umsida.ac.id/3473/

Rahmat, A., Asyari, A., & Puteri, H. E. (2020). Pengaruh Hedonisme dan Religiusitas Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. EKONOMIKA SYARIAH : Journal of Economic Studies, 4(1), 39. https://doi.org/10.30983/es.v4i1.3198

Saripudin, S., Nadya, P. S., & Iqbal, M. (2021). Upaya Fintech Syariah Mendorong Akselerasi Pertumbuhan UMKM di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 41. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i1.1449

Subarkah, A. R. (2018). Potensi dan Prospek Wisata Halal Dalam Meningkatkan Ekonomi Daerah (Studi Kasus: Nusa Tenggara Barat). Jurnal Sosial Politik, 4(2), 49. https://doi.org/10.22219/sospol.v4i2.5979

Widianita, R., Asyari, A., & Izmuddin, I. (2017). Rasionalitas Konsumsi Rumah Tangga Muslim Kota Bukittinggi. EKONOMIKA SYARIAH : Journal of Economic Studies, 1(2), 98.

Lauren, Wawancara Pribadi, Staf BSI Minggu 16 Februari 2021

Jaya, Wawancara Pribadi,Pelaku usaha umkm Minggu 16 Februari 2021

Nayla dkk, Wawancara Pribadi, Pengunjung WisataMinggu 16 Februari 2021


Full Text: PDF INDONESIA

Article Metrics

Abstract View : 469 times
PDF INDONESIA Download : 244 times

DOI: 10.47896/mb.v3i1.512

Refbacks

  • There are currently no refbacks.