PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP KONSUMEN ( PADA TAMU GRAND ROCKY HOTEL BUKITTINGGI )

Imran Imran(1), Yeni Rafika Nengsih(2), Fitria Fitria(3),


(1) ITB HAJI AGUS SALIM BUKITTINGGI
(2) ITB HAJI AGUS SALIM BUKITTINGGI
(3) ITB HAJI AGUS SALIM BUKITTINGGI
Corresponding Author

Abstract


This study aims to determine and analyze the effect of service quality including tangibles, reliability, responsiveness, assurance, empathy and the dominant variables that influence the decision to stay at Grand Rocky Hotel Bukittinggi. The method used in this research is quantitative by using Binary Logistic Analysis as an analytical tool. The results of the study indicate that the quality of service has a positive and significant influence on the consumer's decision to stay at the Rocky Hotel Bukittinggi, and the most dominant variable is the Assurance variable (X4).

 Keywords: assurance; service quality; stay decision 



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas layanan meliputi tangibles, reliability, responsiveness, assurance, empathy serta variabel dominan yang mempengaruhi keputusan menginap di Grand Rocky Hotel Bukittinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan Analisis Binary Logistic sebagai alat analisis. Adapun hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menginap konsumen di Hotel Rocky Bukittinggi, dan variabel yang paling dominan adalah variabel Jaminan (X4)

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan; Keputusan Menginap; Jaminan


References


Arikunto, S. 2019. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2010). Prinsip-Prinsip Pemasaran (12 ed., Vol. 1 dan

. Jakarta: Erlangga.

Lukasyanti, Dewi, 2006, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Pada Rumah Sakit Umum Daerah Kraton Kabupaten Pekalongan”. http://cari-pdf.com/, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Lupiyoadi, Rambat & A Hamdani, 2006. “Manajemen Pemasaran Jasa”. Jakarta: Salemba Empat.

Mardalis. 2008. Metode Penelitian Pendekatan Stu Profosal, Pt. Bumi Aksara: Jakarta

Nasution, S. 2002 Metode Peneltian. Jakarta: Rineka

Pramadivara, Seminari, 2014, Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Puri Sharon Hotel Seminyak Kuta.E-Journal Manajemen Universitas Udayana Hal. 493-509

Rahayu, D,R, Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Hotel (Studi Kasus pada Hotel Gumaya di Semarang) Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi hal. 3-8

Retansa, Andika Reza, 2009, “Analisis Pengaruh Tingkat Pelayanan, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank BNI ’46 Persero, Tbk. Cabang Semarang.” Skripsi Tidak Dipublikasikan, Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegoro, Semarang

Sulastiyono, Agus, 2006. “Manajemen Penyelenggaraan Hotel”. Bandung; Alfabeta

Suwiti, Ni Wayan dan Cecil Irwin Jr. Boham, 2008,” Akomodasi Perhotelan”. Jilid III, PT Macanan Jaya Cemerlang, Klaten.

Suyanto, 2006, “Analisis Pengaruh Persepsi Konsumen Tentang Kualitas Perbaikan, Pelayanan, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Jasa Bengkel (Studi Kasus di Bengkel AHASS 1013 Yang Berada di Jalan Raya Kaligarang No 52 Semarang).” Skripsi Tidak Dipublikasikan, Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegoro, Semarang.

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, R&D Bandung: Alfabeta.

Swasta, Basu, 2009,” Azas-Azas Marketing”, Yogyakrta: Liberty.

Tjiptono, 2014,” Pemasaran Jasa”, Andy Offset, Yogyakarta.

Valerie A; Zeithaml L A. Parasuraman; Leonardo L. Berry, 1, “Servqual amultiple-item scale for measuring consumer perception of service quality”. Journal of Retailing, Vol. 64, no. 1, pp 12-37.


Full Text: PDF INDONESIA

Article Metrics

Abstract View : 183 times
PDF INDONESIA Download : 80 times

DOI: 10.47896/mb.v3i1.519

Refbacks

  • There are currently no refbacks.