PENGARUH CITRA MEREK, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI PRODUK NATURE REPUBLIC ALOEVERA GEL OLEH MAHASISWA PERGURUAN TINGGI DI BUKITTINGGI
(1) Institut Teknologi dan Bisnis Haji Agus Salim Bukittinggi
(2) Institut Teknologi dan Bisnis Haji Agus Salim Bukittinggi
Corresponding Author
Abstract
This study aims to examine the effect of brand image, price and product quality on interest in buying Nature Republic Aloevera Gel products in five universities in Bukittinggi. This study uses descriptive quantitative methods to explain the focus of the research which includes brand image, price and product quality on interest in buying Nature Republic Aloevera Gel products in five universities in Bukittinggi City. The data in this study were collected by distributing questionnaire links to 100 respondents. The method of analysis in this study is descriptive statistics, Partial Least Square (PLS) and hypothesis testing. The results of the study indicate that there are three hypotheses that have been tested in this study, namely Brand Image, Price and Product Quality. Where the three hypotheses have a positive effect on Interest in Buying Nature Republic Aloevera Gel products at five universities in Bukittinggi City. The results showed that the research model was acceptable.
Keywords: Brand Image, Price, Product Quality, Buying Interest
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh citra merek, harga dan kualitas produk terhadap minat beli produk Nature Republic Aloevera Gel Di Lima Perguruan Tinggi Yang Ada Di Kota Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif untuk menjelaskan fokus penelitian yang meliputi citra merek, harga dan kualitas produk terhadap minat beli produk Nature Republic Aloevera Gel Di Lima Perguruan Tinggi Yang Ada Di Kota Bukittinggi. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan cara menyebar link kuesioner kepada 100 responden. Metode analisis dalam penelitian ini adalah statistika deskriptif, Partial Least Square (PLS) dan uji hipotesis. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga hipotesis yang telah di uji dalam penelitian ini yaitu Citra Merek, Harga dan Kualitas Produk. Dimana ketiga hipotesis tersebut berpengaruh positif terhadap Minat Beli produk Nature Republic Aloevera Gel di lima perguruan tinggi yang ada di Kota Bukittinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model penelitian dapat diterima.
Kata kunci: Citra Merek, Harga, Kualitas Produk, Minat Beli
References
Andita, A. (2017). Pengaruh iklan, harga dan kualitas produk terhadap minat beli ulang konsumen. Skripsi). Yogyakarta (ID): Universitas Sanata Dharma.
Echdar, S. (2017). Metode penelitian manajemen dan bisnis. Bogor: Ghalia Indonesia.
Himawan, A. H. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Promosi Terhadap Minat Beli Notebook Acer (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta). Skripsi Sarjana (tidak dipublikasikan).
Hughes, D., & Hitchcock, G. (2008). Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2006, Cet. 6. Unpublished Thesis.
Kotler, Philip dan Garry Amstrong. 2016. Principles of Marketing ( Global education ). Edisi 15E. England ;Pearson
Petrus, J. E. (2019). PENGARUH IKLAN DAN BRAND IMAGE TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN, DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Calon Konsumen Shampoo Dove) (Doctoral dissertation, Universitas Atma Jaya Yogyakarta).
Sidiq, S. S. FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI SOVENIR DI OBJEK WISATA TANJUNG LAPIN DESA TANJUNG PINANG KECAMATAN RUPAT UTARA. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 5(2), 1-12.
Sulistyari, I. N., & YOESTINI, Y. (2012). Analisis pengaruh citra merek, kualitas produk, dan harga terhadap minat beli produk oriflame (studi kasus mahasiswi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Jurusan Manajemen Universitas Diponegoro Semarang) (Doctoral dissertation, UNDIP: Fakultas Ekonomika Dan Bisnis).
Tanoni, R. V. (2012). Pengaruh Iklan terhadap Minat Belimelalui citra merek dan sikap produk mizone di Surabaya. Surabaya: Unika Widya Mandala.
Wulansari, D. 2016. Ramai brand Korea Bertarung di Pasar Kosmetik, Siapa Menang?. Diunduh di https://mix.co.id/marcomm/news-trend/ diakses 16 Oktober 2022
Article Metrics
Abstract View : 217 timesPDF INDONESIA Download : 158 times
DOI: 10.47896/mb.v3i2.521