PENGARUH DIMENSI KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN MOTOR MATIC HONDA PADA DEALER HONDA MUSTIKA AGUNG DI KOTA PADANG PANJANG

Maswir Mutakhir(1), Yenita Yenita(2),


(1) ITB Haji Agus Salim Bukittinggi
(2) 
Corresponding Author

Abstract


Minat beli dapat dipengaruhi oleh kualitas produk hal ini disebabkan kualitas produk mempunyai hubungan yang sangat erat dengan sikap konsumen, kualitas produk memberikan suatu dorongan kepada konsumen untuk menjalin ikatan hubungan yang kuat dengan perusahaan. Semakin tinggi kualitas produk semakin tinggi minat beli. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dari dimensi kualitas produk yang terdiri dari:  Kinerja (Performance), Keistimewaan tambahan (Features), Keandalan (Reliability), Kesesuaian dengan spesifikasi (Conformance to Specifications), Daya tahan (Durability), dan Estetika (Esthetic) terhadap minat beli konsumen motor matic Honda pada dealer Mustika Agung di kota Padang Panjang. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 90 responden, teknik pengambilan sampel yaitu accidental sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.  Dari hasil analisis dapat diketahui bahwan variabel independen yang terdiri dari Performance, Features, Reliability, Conformance to Specifications, Durability, dan Esthetic memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli sebagai variabel dependen, sedangkan variabel yang berpengaruh dominan terhadap minat beli adalah Esthetic. Didalam penelitian ini variabel terikat (minat beli) dapat dijelaskan oleh variabel bebas (Performance, Features, Reliability, Conformance to Specifications, Durability) dan Esthetic sebesar 75,4% sedangkan sisanya 24,6% dijelaskan variabel bebas diluar penelitian ini.

Kata kunci: Dimensi kualitas produk, minat beli


References


Durianto, D. dkk. 2017. Strategi Menaklukkan PasarMelalui Riset Ekuitas dan Prilaku Merek. Jakart : Gramedia, Pustaka Utama.

Fandy Tjiptono. 2017. Strategi Pemasaran. Edisi 4. Penerbit. Andy. Yogyakarta.

Ihsan, Muhammad dan Yulia, Nika, 2022, Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Produk Nature Repoblic Aloevera Gel oleh Mahasiswa Perguruan Tinggi di Bukuttingi. Jurnal Bonanza: Manajemen dan Bisnis 3 (1)

Kinear, Thomas C, dan Tyalor, 2013, Riset Pemasaran, Erlangga, Jakarta

Kotler, Philip. 2019. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jakarta: Prenhalindo

--------, Philip dan Keller, Kevin. 2018, Perilaku Konsumen, Qiara Media, Pasuruan

Olson, Jerry,and Paul Peter, 2016, Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, Jakarta , Erlangga

Sciffman, L.G, & Kanuk, L.L, 2018, Perilaku Konsumen, Edisi 7, Alih bahasa: Zoelkifli, Jakarta Indeks

Sugiyono, (2019). Metode Penelitian Bisnis, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: CV Alfabeta

www.vivanews.com (diakses 12/3/2022)


Full Text: PDF INDONESIA

Article Metrics

Abstract View : 52 times
PDF INDONESIA Download : 17 times

DOI: 10.47896/mb.v4i1.586

Refbacks

  • There are currently no refbacks.