ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (Studi Kasus di Cafe Texas Juice Cabang Tangah Jua Kota Bukittinggi)

Rusydi Fauzan, Aprilianti Mulia Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memformulasikan strategi pemasaran yang tepat untuk cafe Texas Juice cabang Tangah Jua Bukittinggi guna meningkatkan volume penjualan. Sehingga perusahaan mampu unggul dalam kompetisi di pasar. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dengan pemilik cafe, karyawan cafe dan konsumen cafe.  Penelitian dilakukan dengan menganalisa faktor internal dan eksternal dari cafe Texas Juice yang kemudian dianalisa menggunakan alat analisa Matrix IFE dan EFE, Matrix SWOT, dan Matrix QSP  sehingga akan menghasilkan beberapa alternatif strategi bersaing untuk cafe Texas Juice cabang Tangah Jua Bukittinggi. Dari hasil penelitian, peneliti menemukan bahwa strategi pemasaran yang tepat untuk diterapkan oleh cafe Texas Juice cabayang bertujuan untuk meningkatkan penjualan melalui Market Penetration dengan tujuan meningkatkan pangsa pasar dengan cara kegitan pemasaran (Strategi WO1) dengan TAS 1,620 . Penulis menyarankan agar perusahaan melakukan promosi yang berkelanjutan seperti mengadakan event lomba sekali sebulan, membuat jus paling enak, bagi yang menang bisa makan gratis di cafe sepuasnya dengan tujuan merek lebih di kenal luas masyarakat

Full Text:

PDF

References


Dewi, K.N., Andri, G., dan Yonaldi, S. 2012. Pengaruh Iklan, Citra Merek, dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen dalam Menggunakan Vaseline Hand and Body Lotion di Kota Padang (Studi Kasus di PT. Unilever Cabang Padang). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. 3(2) : 11-29

Ginting, A. 2006. Perumusan Strategi Perusahaan PT X menggunakan Matriks Evaluasi Faktor. Jurnal Sistem Teknik Industri. 7(1) : 1-5.

Kustina, S. 2008. Optimalisasi Pengelolahan Retribusi Parkir Dalam Rangka Peningkatan Pendapatan Asli Darerah (Studi di Kawasan Kota Malang). ARENA HUKUM. 1(1) : 1-1.

Pasaribu, L. 2008. Analisis Strategi Pemasaran Susu UHT (Ultra High Temperature) (Studi Kasus : PT. ULTRAJAYA Tbk, Bandung). Skripsi. IPB. Bogor.

Ramadhan, A., dan Shofiyah, F.R. 2013. Analisis SWOT sebagai Landasan dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi McDonald’s Ring Road). Jurnal Media Informasi Manajemen. 1(4) : 1-10.




DOI: https://doi.org/10.47896/je.v20i2.16

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.