HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT. BPR SYARIAH AMPEK ANGKEK CANDUNG

Dian Rahmawaty

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan kualitas pelayanan terhadap  kepuasan nasabah PT. BPR Syariah Ampek Angkek Candung. Populasi pada penelitian ini adalah nasabah dari PT. BPR Syariah Ampek Angkek Candung itu sendiri. Pengumpulan data dilakukan melalui pembagian kuisioner kepada nasabah yang menerima pelayanan langsung dari PT BPR Syariah Ampek Angkek Candung dan observasi untuk mendapatkan data. Sedangkan metode yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu untuk menganalisa tentang bagaimana hubungan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pada PT. BPR Syariah Ampek Angkek Candung dengan hipotesisnya kualitas pelayanan mempunyai hubungan yang signifikan terhadap kepuasan nasabah. Analisa nonparametric rank spearman digunakan untuk melihat hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan nasabah sehingga didapatkan hasil  memiliki hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan nasabah. Hasil analisis korelasi rank spearman diperoleh bahwa faktor yang dominan berhubungan terhadap kepuasan nasabah adalah variabel keyakinan, diikuti oleh variabel fisik nyata, dan yang paling kecil berhubungan terhadap kepuasan nasabah adalah variabel keandalan. Variabel-variabel pada penelitian ini sudah cukup baik dalam menjelaskan kepuasan nasabah.

Full Text:

PDF

References


Ali Hasan. 2008. Marketing. Cetakan pertama. Yogyakarta: MedPress

Arikunto, Suharsimi.2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineke Cipta

Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra. 2005. Service, Citra Wisata dan Satisfaction. Yogyakarta: Andi

Fandy Tjiptono. 2009. Strategi Pemasaran. Edisi kedua. Cetakan ketujuh. Yogyakarta: Andi

Ferdinan, Agusty Tae.2006. Metode Penelitian Manajemen.Edisi II. Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Handi Irawan. 2006. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Cetakan ketujuh. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Hasibuan, Soejitno dan Abdul Rachim.2002. Dasar – Dasar Perbankan. Jakarta: Bumi Aksara

Husain Umar. 2005. Riset Pemasaran Dan Perilaku Konsumen. Edisi kedua. Cetakan keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Irmim, Soejino dan Abdul Rachim 2004, Etika Perbankan. Jakarta: BATAVIA PRESS

Imam Ghozali. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Cetakan keempat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Jasfar, Farida.2009. Manajemen Jasa Pendekatan Terpadu.Bogor:Ghalia Indonesia

Julius R. Latumaerissa.2011 Bank dan lembaga keuangan lain. Jakarta. Salemba Empat

Kasmir. 2004. Manajemen Perbankan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

---------. 2008.Etika Custumer Service.Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran.Jakarta: Prenhallindo

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi ke-12. Jakarta: Indeks.

Lupiyoadi, Rambat.2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat

Sinungan, Muchdarsyah.1994. Strategi Manajemen Bank Menghadapi Tahun 2000. Jakarta : Rineka Cipta

Sugiyono.2005. Metode Penelitian Bisnis.Edisi ke- 8.Bandung :CV Alfabeta

Wijaya, E Juhana. 1999. Pelayanan Prima Bisnis Manajemen. Bandung :CV Armico

http://www.google.co.id/search?q=teori+korelasi+rank+spearman&ie=utf-8&oe=utf-8&aq=t&rls=org.mozilla:en-US:official&client=firefox-a




DOI: https://doi.org/10.47896/je.v20i2.18

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.