STRATEGI PENGEMBANGAN ATRAKSI PENGOLAHAN RENDANG (MARANDANG) SEBAGAI DAYA TARIK WISATA GASTRONOMI DI KAMPUNG RENDANG KOTA PAYAKUMBUH

Novit Ardy, Yulihasri Yulihasri

Abstract


This study aims: (1) To determine the strengths and weaknesses of the rendang processing attraction (marandang) as a gastronomic tourism attraction in Kampung Rendang Payakumbuh City (2) To determine the opportunities and threats of rendang processing attractions (marandang) as a gastronomic tourist attraction in Rendang Village Payakumbuh City (3) To find out the strategy of developing rendang processing attractions (marandang) as a gastronomic tourism attraction in Rendang Village, Payakumbuh City by using SWOT Analysis. The results showed that the attraction of rendang processing (marandang) as a gastronomic tourism attraction in Rendang Kampung Payakumbuh City from the analysis of the SWOT matrix obtained quadrant coordinates I namely supporting aggressive strategies, which are in the most favorable situation, in other words marandang attractions have the opportunity and strength. The strategy that must be taken under these conditions is to support an aggressive growth policy or growth oriented strategy by utilizing the opportunities available and the internal strengths of Kampung Rendang, Payakumbuh City.


Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan atraksi pengolahan rendang (marandang) sebagai daya tarik wisata gastronomi di Kampung Rendang Kota Payakumbuh (2) Untuk mengetahui peluang dan ancaman atraksi pengolahan rendang (marandang) sebagai daya tarik wisata gastronomi di Kampung Rendang Kota Payakumbuh (3) Untuk mengetahui strategi pengembangan atraksi pengolahan rendang (marandang) sebagai daya tarik wisata gastronomi di Kampung Rendang Kota Payakumbuh dengan menggunakan SWOT Analisys. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atraksi pengolahan rendang (marandang) sebagai daya tarik wisata gastronomi di Kampung Rendang Kota Payakumbuh dari hasil analisa pada matrik SWOT diperoleh koordinat kuadran I yakni mendukung strategi agresif, yaitu berada pada situasi yang paling menguntungkan, dengan kata lain atraksi marandang mempunyai peluang dan kekuatan. Strategi yang harus diambil dalam kondisi seperti ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif atau growth oriented strategy dengan memanfaatkan peluang yang ada serta kekuatan internal yang dimiliki Kampung Rendang Kota Payakumbuh.


Full Text:

PDF INDONESIA

References


Badan Pusat Statistik, 2018. Kota Payakumbuh dalam Angka. Payakumbuh : Badan Pusat

Statistik. www.bps.go.id.

Bambang, Hariadi. (2005). Strategi Manajemen. Jakarta: Bayumedia Publishing.

B. Wiwoho, Ratna Pudjowati, Yulia Himawati, Pariwisata citra dan manfaatnya, Bina Rena

Pariwisata, Jakarta, 1990

Bachrul Hakim.2009. Bisakah Wisata Kuliner Indonesia Dijual, melalui http//www. Sinar

harapan.co.id

Brown, E. 2005. Nutrition. Through the Life CycleSecond Edition.: Thomson Wadsworth.

USA.

Cooper, Fketcher, J., Gilbert, D., & Wanhill, S. (1995). Tourism, Principles and Prantice.

London: Logman

Civitello, Cuisine and Culture: a History of Food and People, (New Jersey: Wiley, 2008),

hlm. 3.

Darmajati, R. S. (1983). Istilah-istilah dunia pariwisata, Pradnya Paramita, Jakarta

Fandy Tjiptono, 2008 .Strategi Pemasaran, Edisi III, Yogyakarta : CV. Andi Offset

Febriana, Imas Sherli dan Sugeng Praptoyo. 2015. Analisis Faktor-faktor yang

Mempengaruhi Belanja Modal pada Provinsi Jawa Timur. Jurnal Ilmu dan Riset

Akuntansi. Vol.4 No.9 2015. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA)

Surabaya

G.R, Soekadijo. 1997. Anatomi Pariwisata (Memahami Pariwisata Sebagai “Sistem

Linkage”). PT Gramedia Pusataka. Jakarta

https://brinly.co.id/tugas/5976005 diakses tanggal 06 Februari 2020

Herman sulaiman, pengetahuan penanganan bahan makanan dan permasalahannya, (Jakarta:

Kementerian pendidikan dan kebudayaan, 2013)

Kerzner, H. (2001) Project Management. Seventh Edition. John Wiley & Sons, Inc.,

New York

Lanya. 1995. Buku Pedoman Kerja Pariwisata (BPKM) Mata Kuliah Dasar-dasar

Pengembangan Wilayah. Denpasar: Fakultas Pertanian Unud.

Moleong, Lexy. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya.

Mills. 1990. Ekonomi Kesehatan untuk Negara-Negara Berkembang (Terjemahan).

Dian Rakyat. Jakarta.

Philip Kotler, 2002, Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2, PT Prenhallindo,

Jakarta

Suwantoro, Gamal. 2004. Dasar-dasar Pariwisata. Penerbit Andi Yogyakarta

Suwantoro, Gamal. 1997. Dasar-Dasar Pariwisata. Andi. Yogyakarta

Wibowo. 2007. Manajemen Kinerja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Parsada.

http://www.youtube.com/watch?v=mK5KYs-VK5s.

Ken Albala (ed.), Food Cultures of the World Encyclopedia, (Oxford: Greenwood, 2011),

hlm. 52 (indeks Egypt, vol. 1); hlm. 211(indeks Turkey, vol. 1); hlm. 350 – 351

(indeks Spain, vol. 4); hlm. 208 (indeks Italy, vol. 4).

Moh.Nazir, (1998). Metode Penelitian. Jakarta. Ghalia Indonesia

Marrus, Stephanie K. 2001. Strategic Management In Action. PT. Gramedia Pustaka Utama,

Jakarta

Moleong, Lexy. J. 2009. Metode penelitian kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung

Neuman, W. Lawrence. 2006. Social Research Methods: Qualitative and Quantitative

Research. USA: University of Wisconsin

Rangkuti, Freddy. 2014. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta:

PT. Gramedia Pustaka Utama.

Suharsimi Arikunto, (1999). Prosedur Penelitian. Jakarta Malang:UIN Malang.

Spillane, James. 2000. Ekonomi Pariwisata: Sejarah dan Prospeknya. Yogyakarta: Penerbit

Kanisius

Suwena, & Widyatmaja. (2010). Pengetahuna Dasar Ilmu Pariwisata. Denpasar: Udayana

University Press.

Umar, H. 2001. Strategic Management in Action, Konsep, Teori, dan Teknik Menganalisis

Manajemen Strategis Strategic Business Unit Berdasarkan Konsep Michael R. Porter,

Fred R. David, dan WheelanHunger. Jakarta:PT Gramedia Pustaka Utama

Winarno, Budi. 2008. Kebijakan Publik Teori dan Proses Edisi Revisi. Yogyakarta: Media

Pressindo.

Winarno, Bondan. 2008. Rumah Iklan : Upaya Matari Menjadikan Periklanan Indonesia Tuan

Rumah di Negeri Sendiri. Kompas : Jakarta

Wikipedia (Gillesoie C, Cousins JA. 2001. European Gastronomy into the 21st century.

Oxford:Butterworth-Heinenmann.)




DOI: https://doi.org/10.47896/je.v23i2.216

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.