STRATEGI PENGEMBANGAN ATRAKSI PENGOLAHAN RENDANG (MARANDANG) SEBAGAI DAYA TARIK WISATA GASTRONOMI DI KAMPUNG RENDANG KOTA PAYAKUMBUH
Abstract
This study aims: (1) To determine the strengths and weaknesses of the rendang processing attraction (marandang) as a gastronomic tourism attraction in Kampung Rendang Payakumbuh City (2) To determine the opportunities and threats of rendang processing attractions (marandang) as a gastronomic tourist attraction in Rendang Village Payakumbuh City (3) To find out the strategy of developing rendang processing attractions (marandang) as a gastronomic tourism attraction in Rendang Village, Payakumbuh City by using SWOT Analysis. The results showed that the attraction of rendang processing (marandang) as a gastronomic tourism attraction in Rendang Kampung Payakumbuh City from the analysis of the SWOT matrix obtained quadrant coordinates I namely supporting aggressive strategies, which are in the most favorable situation, in other words marandang attractions have the opportunity and strength. The strategy that must be taken under these conditions is to support an aggressive growth policy or growth oriented strategy by utilizing the opportunities available and the internal strengths of Kampung Rendang, Payakumbuh City.
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan atraksi pengolahan rendang (marandang) sebagai daya tarik wisata gastronomi di Kampung Rendang Kota Payakumbuh (2) Untuk mengetahui peluang dan ancaman atraksi pengolahan rendang (marandang) sebagai daya tarik wisata gastronomi di Kampung Rendang Kota Payakumbuh (3) Untuk mengetahui strategi pengembangan atraksi pengolahan rendang (marandang) sebagai daya tarik wisata gastronomi di Kampung Rendang Kota Payakumbuh dengan menggunakan SWOT Analisys. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atraksi pengolahan rendang (marandang) sebagai daya tarik wisata gastronomi di Kampung Rendang Kota Payakumbuh dari hasil analisa pada matrik SWOT diperoleh koordinat kuadran I yakni mendukung strategi agresif, yaitu berada pada situasi yang paling menguntungkan, dengan kata lain atraksi marandang mempunyai peluang dan kekuatan. Strategi yang harus diambil dalam kondisi seperti ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif atau growth oriented strategy dengan memanfaatkan peluang yang ada serta kekuatan internal yang dimiliki Kampung Rendang Kota Payakumbuh.
Full Text:
PDF INDONESIAReferences
Badan Pusat Statistik, 2018. Kota Payakumbuh dalam Angka. Payakumbuh : Badan Pusat
Statistik. www.bps.go.id.
Bambang, Hariadi. (2005). Strategi Manajemen. Jakarta: Bayumedia Publishing.
B. Wiwoho, Ratna Pudjowati, Yulia Himawati, Pariwisata citra dan manfaatnya, Bina Rena
Pariwisata, Jakarta, 1990
Bachrul Hakim.2009. Bisakah Wisata Kuliner Indonesia Dijual, melalui http//www. Sinar
harapan.co.id
Brown, E. 2005. Nutrition. Through the Life CycleSecond Edition.: Thomson Wadsworth.
USA.
Cooper, Fketcher, J., Gilbert, D., & Wanhill, S. (1995). Tourism, Principles and Prantice.
London: Logman
Civitello, Cuisine and Culture: a History of Food and People, (New Jersey: Wiley, 2008),
hlm. 3.
Darmajati, R. S. (1983). Istilah-istilah dunia pariwisata, Pradnya Paramita, Jakarta
Fandy Tjiptono, 2008 .Strategi Pemasaran, Edisi III, Yogyakarta : CV. Andi Offset
Febriana, Imas Sherli dan Sugeng Praptoyo. 2015. Analisis Faktor-faktor yang
Mempengaruhi Belanja Modal pada Provinsi Jawa Timur. Jurnal Ilmu dan Riset
Akuntansi. Vol.4 No.9 2015. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA)
Surabaya
G.R, Soekadijo. 1997. Anatomi Pariwisata (Memahami Pariwisata Sebagai “Sistem
Linkage”). PT Gramedia Pusataka. Jakarta
https://brinly.co.id/tugas/5976005 diakses tanggal 06 Februari 2020
Herman sulaiman, pengetahuan penanganan bahan makanan dan permasalahannya, (Jakarta:
Kementerian pendidikan dan kebudayaan, 2013)
Kerzner, H. (2001) Project Management. Seventh Edition. John Wiley & Sons, Inc.,
New York
Lanya. 1995. Buku Pedoman Kerja Pariwisata (BPKM) Mata Kuliah Dasar-dasar
Pengembangan Wilayah. Denpasar: Fakultas Pertanian Unud.
Moleong, Lexy. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya.
Mills. 1990. Ekonomi Kesehatan untuk Negara-Negara Berkembang (Terjemahan).
Dian Rakyat. Jakarta.
Philip Kotler, 2002, Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2, PT Prenhallindo,
Jakarta
Suwantoro, Gamal. 2004. Dasar-dasar Pariwisata. Penerbit Andi Yogyakarta
Suwantoro, Gamal. 1997. Dasar-Dasar Pariwisata. Andi. Yogyakarta
Wibowo. 2007. Manajemen Kinerja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Parsada.
http://www.youtube.com/watch?v=mK5KYs-VK5s.
Ken Albala (ed.), Food Cultures of the World Encyclopedia, (Oxford: Greenwood, 2011),
hlm. 52 (indeks Egypt, vol. 1); hlm. 211(indeks Turkey, vol. 1); hlm. 350 – 351
(indeks Spain, vol. 4); hlm. 208 (indeks Italy, vol. 4).
Moh.Nazir, (1998). Metode Penelitian. Jakarta. Ghalia Indonesia
Marrus, Stephanie K. 2001. Strategic Management In Action. PT. Gramedia Pustaka Utama,
Jakarta
Moleong, Lexy. J. 2009. Metode penelitian kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung
Neuman, W. Lawrence. 2006. Social Research Methods: Qualitative and Quantitative
Research. USA: University of Wisconsin
Rangkuti, Freddy. 2014. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta:
PT. Gramedia Pustaka Utama.
Suharsimi Arikunto, (1999). Prosedur Penelitian. Jakarta Malang:UIN Malang.
Spillane, James. 2000. Ekonomi Pariwisata: Sejarah dan Prospeknya. Yogyakarta: Penerbit
Kanisius
Suwena, & Widyatmaja. (2010). Pengetahuna Dasar Ilmu Pariwisata. Denpasar: Udayana
University Press.
Umar, H. 2001. Strategic Management in Action, Konsep, Teori, dan Teknik Menganalisis
Manajemen Strategis Strategic Business Unit Berdasarkan Konsep Michael R. Porter,
Fred R. David, dan WheelanHunger. Jakarta:PT Gramedia Pustaka Utama
Winarno, Budi. 2008. Kebijakan Publik Teori dan Proses Edisi Revisi. Yogyakarta: Media
Pressindo.
Winarno, Bondan. 2008. Rumah Iklan : Upaya Matari Menjadikan Periklanan Indonesia Tuan
Rumah di Negeri Sendiri. Kompas : Jakarta
Wikipedia (Gillesoie C, Cousins JA. 2001. European Gastronomy into the 21st century.
Oxford:Butterworth-Heinenmann.)
DOI: https://doi.org/10.47896/je.v23i2.216
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.