ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA PADA SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI PAYAKUMBUH
Abstract
The purpose of this study was to analyze the effect of service dimension variables on student satisfaction with educational services. The study was conducted using a quantitative approach. The sample of this study were students Sekolah Tinggi Teknologi Payakumbuh a total sample of 123 students. Data analysis for hypothesis testing uses binary logistic regression. The results showed the First Hypothesis (H1): Simultaneous testing all dimensions of service quality that significantly influence student satisfaction are tangibles (X1), reability (X2), responsiveness (X3), and assurance (X4), while empathy variables (X5) ) has no significant effect with the level of student satisfaction contribution to services at STT Payakumbuh at 88.1% and 11.9% influenced by other variables. Second Hypothesis (H2): Testing that can be seen partially so that it can be seen that the most dominant dimension affecting service satisfaction at the Sekolah Tinggi Teknologi Payakumbuh (STTP) is the responsiveness variable (responsiveness) that can provide increased student satisfaction with academic services by 151,109 times more high compared with students who are not satisfied and when compared with other variables also have the most dominant influence with the logistic equation model of the effect of service quality variables on student satisfaction is logit (Y) = -3,985 + 2,999TG + 2,177REA + 5,260RESPN + 2,803ASSRC. It is expected that STT Payakumbuh needs to improve the quality of service in increasing the level of student satisfaction with educational services.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh variabel dimensi pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Payakumbuh dengan jumlah sampel 123 mahasiswa. Analisis data untuk uji hipotesis menggunakan regresi logistik biner. Hasil penelitian menunjukkan Hipotesis Pertama (H1): Pengujian secara simultan semua dimensi kualitas pelayanan yang berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan mahasiswa adalah tangibles (X1), reability (X2), responsiveness (X3), dan assurance (X4), sedangkan variabel empathy (X5) tidak berpengaruh secara signifikan dengan tingkat kontribusi kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan di STT Payakumbuh sebesar 88,1% dan 11,9% dipengaruhi variabel lainnya. Hipotesis Kedua (H2): Pengujian yang dapat dilihat secara parsial sehingga dapat diketahui dimensi yang paling dominan mempengaruhi kepuasan layanan pada Sekolah Tinggi Teknologi Payakumbuh (STTP) adalah variabel responsiveness (daya tanggap) yang dapat memberikan peningkatan kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan akademik sebesar 151.109 kali lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa yang tidak puas dan jika dibandingkan dengan variabel lainnya juga memiliki pengaruh yang paling dominan dengan model persamaan logistic pengaruh variable kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa adalah logit (Y) = -3.985 + 2.999TG + 2.177REA + 5.260RESPN +2.803ASSRC. Diharapkan STT Payakumbuh perlu meningkatkan kualitas pelayanan dalam meningkatkan tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan pendidikan.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan; Kepuasaan mahasiswa; Logistik Regressi.
Full Text:
PDF INDONESIAReferences
Ginanjar, Resky. (2012). Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Pendidikan di Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negri Yogyakarta. Yogyakarta.
Handoko, T. Hani. (2011). Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia. Yogyakarta: Penerbit BPFE.
Kotler, Philip. (1997). Manajemen Pemasaran. Edisi Bahasa Indonesia jilid satu. Jakarta: Prentice Hall.
Kotler, Philip. (2003). Manajemen Pemasaran. Edisi kesebelas, Jakarta: Indeks kelompok Gramedia.
Mularsih dan Aritonang, (2017). Profil Pelayanan Jasa Pendidikan Tinggi Swasta Di Jakarta. Jurnal Muara Ekonomi Dan Bisnis. Vol. 1, No. 2, Oktober 2017: hlm 57-67. ISSN 2579-6224 (Versi Cetak). ISSN-L2579-6232 (Versi Elektronik).
Parasuraman, A. Valerie. (2001). (Diterjemahkan oleh Sutanto) Delivering Quality Service. The Free Press, New York.
Radja, et al. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Siswa dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Siswa di SMK Kristen Salatiga. http://repository.uksw.edu/handle/12345679/4153.
Reina. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Mahasiswa Pada Universitas Bina Nusantara. BINUS BUSINESS REVIEW Vol. 3 No. 1 Mei 2012: 563-572 https://journal.binus.ac.id/index.php/BBR/article/view/1343.
Supranto, J. (2001). Pengukuran Tingkat Pelanggan untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: Rineka Cipta.
Setiarini Asri, dkk. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik terhadap Kepuasan Mahasiswa di Politeknik Negeri Balikpapan. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan Vol. 1 No.1 ISSN 2580 – 5398.
Tjiptono Fandy, Gregorius Chandra. (2005). Manajemen Kualitas Jasa. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono Fandy, Gregorius Chandra. (2011). Service, Quality and Satisfaction (ed 3). Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. (2016). Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta. Andi.
Wijaya, David. (2012). Pemasaran Jasa Pendidikan. Penerbit Salemba Empat, Jakarta
DOI: https://doi.org/10.47896/je.v23i2.218
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.