KEPUASAN MAHASISWA MEMODERASI PENGARUH PROSES PEMBELAJARAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS MAHASISWA PROGRAM STUDI STRATA SATU MANAJEMEN STIE HAJI AGUS SALIM BUKITTINGGI

Dian Rahmawaty

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Pengaruh proses pembelajaran terhadap loyalitas mahasiswa, 2) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas mahasiswa, 3) Pengaruh kepuasan mahasiswa terhadap loyalitas mahasiswa, 4) Kepuasan mahasiswa memoderasi pengaruh proses pembelajaran terhadap loyalitas mahasiswa, 5) Kepuasan mahasiswa memoderasi pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas mahasiswa program studi strata satu STIE Haji Agus Salim Bukittinggi.

Hasil penelitian ini adalah: 1) terdapat pengaruh positif dan tidak signifikan proses pembelajaran terhadap loyalitas mahasiswa, 2) terdapat pengaruh negatif dan signifikan kualitas pelayanan terhadap loyalitas mahasiswa, 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan kepuasan mahasiswa terhadap loyalitas mahasiswa, 4) terdapat pengaruh negatif dan signifikan kepuasan mahasiswa memoderasi proses pembelajaran terhadap loyalitas mahasiswa, 5) terdapat pengaruh positif dan signifikan kepuasan mahasiswa memoderasi proses kualitas pelayanan terhadap loyalitas mahasiswa program studi strata satu STIE Haji Agus Salim Bukittinggi

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari, (2005), Pemasaran Stratejik Jasa Pendidikan, Cetakan Kedua, Maret 2005, Alfabeta, Bandung.

Aryani, Dwi dan Febrina Rosinta, (2010). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk loyalitas pelanggan. Jurnal ilmu administrasi dan organisasi vol. 17 no 2 p. 114-126.

Bergin, Sarah, (1997), Communication is the Key to Customer Success, Transportation and Distribution, March: p.82 – 84.

Kotler, Philip, dkk, (2000). Manajemen Pemasaran Perspektif Asia. Penerbit Andi dan Pearson Education Asia Pte.Ltd, Yogyakarta.

Kotler, P, and Karen F.A. Fox. (2000). Strategic Marketing for Educational Institutions. New Jersey: Prentice Hall Ince.

Kotler, P. and Keller, K.L. (2006). Marketing Management. New Jersey: Prentice Hall Ince.

Mushlih, Ahmad, dan Didik Suharsono, (2004). Pendidikan dan Kemandirian: Studi Terserapnya Alumni Perguruan Tinggi dalam Masyarakat di Kabupaten Ponorogo, p. 1 – 2.

Muafi dan Yuni Siswanti, (2007) Anteseden Ekuitas Merek Perguruan Tinggi: SEM dengan Pendekatan Two Step, Manajemen Usahawan Indonesia, no. 03, TH XXXVI, Maret, 2007, p. 27 – 34.

Parasuraman, A., Valerie Zeithaml, and L.Berry, (1988). Servqual: Multiple Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality, Journal of Retailing, Vol. 64, p.12 – 36.

Qomariah, Nurul, (2011). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Citra Institusi Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Universitas Muhammadiyah). Jurnal Aplikasi Manajemen Vol. 10 No 1,2011.

Rinala, I Nyoman, dkk. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Mahasiswa Pada Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali, e-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Administrasi Pendidikan Vol 4, 2013.

Rukoyah, (2013). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pengunjung Museum Jawa Tengah Ranggawarsita.

Sahyar, (2009). Pengaruh Kompetensi dosen dan proses pembelajaran terhadap kepuasan mahasiswa, Pekbis Jurnal Vol. 1 no. 3 2009, p. 1-5.

Simonson, Itamar, (1993). Get Closer to Your Customers by Understanding How They Maker Choices, California Management Review (Summer): p.68 – 84.

Sugiyono, (1999), Metode Penelitian Bisnis, Cetakan Pertama, Agustus 1999, Alfabeta, Bandung.

Sugiyono, E. Wibowo. (2001). Statistika Penelitian, Edisi I, Bandung : Alfabeta.

Wantara, Pribanus, (2009). Pengaruh Citra, Reputasi, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Mahasiswa PTS di Jawa Timur (Studi pada STIE dengan Program Studi Terakreditasi).




DOI: https://doi.org/10.47896/je.v18i2.25

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.