ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PLN PENGARUH KEPUASAN PELANGGAN PADA LISTRIK REKENING PEMBAYARAN ( Dalam Satuan Garo Tanah Jasa )
Abstract
Berdasarkan fenomena PLN setelah beberapa tahun, orang-orang mulai merasa tidak puas dengan kinerja salah satu karyawan PT PLN dalam melayani pelanggan, termasuk keluhan dari pelanggan yang tidak mendapatkan respon yang baik dari karyawan PLN, terlalu sering ia menemukan kelebihan penerimaan listrik dengan meteran ada sehingga membuat lebih banyak kekuatan tagian membengkak, hal ini juga disebabkan oleh petugas PLN kurang teliti dalam pencatatan meteran yang ada.
           Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dan jenis penelitian studi kasus yang didukung oleh survai dengan mengumpulkan data melalui wawancara dan memberikan daftar pertanyaan kepada responden.
           Hasil menunjukkan bahwa koefisien regresi 1,011 dan nilai t dari ¬ ¬ 0,000 10,289 dengan tingkat signifikansi <0,005. Ini berarti bahwa kualitas pelayanan memiliki efek positif pada kepuasan pelanggan. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa dugaan Ada PLN Terhadap Pengaruh Layanan Kepuasan Pelanggan Kualitas Layanan Pelanggan PT PLN Penggunaan Tanah Garo menyatakan diterima. Koefisien determinasi diperoleh 0,519. Ini berarti bahwa 51,9% dari kualitas layanan dan efek positif yang singnifikan pada kepuasan pelanggan.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan PLN, Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Listrik Rekening PembayaranFull Text:
PDFReferences
Assegaff, Mohammad. 2009. â€Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Perusahaan Penerbangan PT. Garuda Di Kota Semarang)â€. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol. 10. No. 2. Juli. Hal. 171 – 186. Unisulla Semarang. Semarang.
Atmawati, Rustika dan Wahyuddin. 2007. â€Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Matahari Departement Store Di Solo Grand Mallâ€. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Hal. 1 – 12. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.
Asep M.Ramdan. 2010 Oktober 22. “Hubungan Kualitas Jasa dan Kepuasan Nasabahâ€. (http://asep-m-ramdan.blogspot.com)
Aviliani, R dan Wilfridus, L. 1997. “Membangun Kepuasan Pelanggan Melalui Kualitas Pelayananâ€. Usahawan, No.5.
Asep M.Ramdan. 2010 Oktober 22. “Hubungan Kualitas Jasa dan kepuasan Pelangganâ€. (http://asep-m-ramdan.blogspot.com).
Aviliani, R dan Wilfridus, L. 1997. “Membangun Kepuasan Pelanggan Melalui Kualitas Pelayananâ€. Usahawan, No.5.
Freddy Rangkuti. 2002. Measuring Customer Satisfaction (cetakan ketiga). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Fandy Tjiptono. 2004. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia.
Freddy Rangkuti. 2002. Measuring Customer Satisfaction (cetakan ketiga). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Fandy Tjiptono. 2004. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia.
Gregorius Chandra. 2005. Service Quality Satisfaction. Yogyakarta : Penerbit Andi.
Freddy Rangkuti. 2002. Measuring Customer Satisfaction (cetakan ketiga). Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.
Ghozali, Imam. 2005. Analisis Multivariate SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Hasan. 2006. “Pengaruh Kualitas Jasa Bank Syariah Terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Semarangâ€. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 1, No. 1 Aprol 2006,h. 1 – 14.
Hasan. 2006. “Pengaruh Kualitas Jasa Bank Syariah Terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Semarangâ€. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 1, No. 1 April 2006,h. 1 – 14.
Jonahtan, Robin. 2005. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Sektor Publik di Kabupaten dan Kota di Propinsi Kalimantan Timur. Jurnal Keuangan dan Perbankan. Th. IX. No. 2, Mei. Universitas 17 Agustus 1945. Samarinda.
Kotler, Philip dan A.B Susanto. 2000. Manajemen Pemasaran Jasa Di Indonesia, Analisis Perencanaan, Implementasi dan pengendalian (Edisi pertama). Jakarta: Salemba Empat.
Kotler, Philip dan A.B Susanto. 2000. Manajemen Pemasaran Jasa di Indonesia, Analisis Perencanaan, Implementasi dan pengendalian (Edisi pertama). Jakarta: Salemba Empat.
M. Nur Nasution. 2004. Manajemen Jasa Terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia. Moureen Margaretha. 2004. Studi Mengenai Loyalitas Pelanggan pada Divisi.
Nanang Tasunar. 2006. â€Kualitas Layanan Sebagai Strategi Menciptakan Kepuasan pada Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Morodemakâ€. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol. V, No. 1 Mei 2006, h. 41-62.
Nanang Tasunar. 2006. “Kualitas Layanan Sebagai Strategi Menciptakan Kepuasan pada Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Morodemakâ€.
Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol. V, No. 1 Mei 2006, h. 41 – 62.
Rambat Lupiyoadi. 2004. Manajemen Pemasaran Jasa : Teori dan Praktek. Jakarta: PT Salemba Empat.
Supardi. 2005. Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Cetakan Pertama. UII Press. Yogyakarta.
Sunarto. 2003. Prilaku Nasabah, Yogyakarta : AMUS Jagyakarta dan CV Ngeksigondo Utama.
Sri Suratno F.G. dan Nursya’ Bani Purnama. 2004. â€Analisis Tingkat Kepuasan Wajib Pajak Terhadap Kualitas Layanan Kantor Pelayanan Pajak Yogyakarta Duaâ€. Sinergi Kajian Bisnis dan Manajemen, Vol. 7, No. 1, h. 69-87.
Tandjung, Jenu Widjaja. 2004. Marketing Management : Pendekatan Pada Nilai-Nilai Pelanggan. Edisi Kedua. Cetakan Kedua. Bayumedia Publishing. Malang.
Usmara. 2003. Manajemen Pemasaran. Cetakan Pertama. Amara Books. Yogjakarta.
Umar, Husein. 2005. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Edisi Baru. PT. RajaGrafindo Persada. Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.47896/je.v17i1.43
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.