PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP PRESTASI KERJA PEGAWAI PADA DINAS PENDAPATAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASSET DAERAH KOTA PADANGPANJANG
Abstract
This study aims to analyze the Effect of Education and Training on Employee Work Achievement in the Regional Financial and Asset Management Revenue Service (DPPKAD) in Padangpanjang city. Here the author describes the influence of education and training on employee performance. The population in this study was 72 people and at the same time became samples in this study using the census method. Data was collected through questionnaire distribution with Likert scale models then tested to validity and reliability of the questionnaire. The data analysis technique used is the multiple linear regression method using the SPSS 20.00 program. The purpose of multiple linear regression to see the relationship of the influence of independent variables on the dependent variable. The results of this study are a). there is a positive and significant influence both partially and jointly between the Education variable (X1) Training (X2) on employee work performance in the Regional Financial and Asset Management Revenue Service (DPPKAD) in Padangpanjang city. b). Participation and response from respondents to Education (X1) Training (X2) is good.
Penelitian ini menganalisis Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Pada Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah (DPPKAD) Kota Padangpanjang. Jumlah populasi pada penelitian ini adalah sebanyak 72 orang sekaligus menjadi sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan metode sensus. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuisioner dengan model skala likert kemudian diuji ke validan dan kehandalan dari kuisioner tersebut. Teknik analisa data yang digunakan adalah metode Regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS 20.00. Tujuan dari Regresi linier berganda untuk melihat keterkaitan pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil dari penelitian ini adalah a). terdapat pengaruh positif dan signifikan baik secara parsial maupun bersama antara variabel Pendidikan (X1) Pelatihan (X2) Terhadap Prestasi kerja pegawai Pada Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah (DPPKAD) Kota Padangpanjang. b). Partisipasi dan respon dari responden terhadap Pendidikan (X1) Pelatihan (X2) adalah baik.
Full Text:
PDF INDONESIA (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, Suharsimi (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Evert, Fandi Mandang (2017). Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai Pada Pt. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Cabang Manado. Jurnal EMBA Vol.5 No.3 September 2017.
Handoko, T. Hani (2018). Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia. BPFE Yogyakarta.
Hasanah, D., Fattah, & Prihatin. (2010). Pengaruh Pendidikan Latihan (DIKLAT) Kepemimpinan Guru dan Iklim Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar se Kecamatan Babakan Cikao Kabupaten Purwakarta. Jurnal Penelitian Pendidikan.
Hasibuan, Malayu S. P. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Bumi Aksara: Jakarta.
Miranda, Diah Ratnasari (2018). Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai di PT. Petrokimia Gresik). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 58 No.1 Mei 2018.
Pakpahan, E.S., Siswidiyanto, & Sukanto. (2014). Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Malang.
Pojoh, T. P., Tewal, B., & Moniharapon, S. (2014). Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Terhadap Kinerja Pegawai Pada PT. PLN (Persero) Wilayah Sulteng.
Sugiyono (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta. Bandung
Wahdiniawati, Siti Annisa. (2014). Sistem Pendidikan Dan Pelatihan Dalam Upaya Peningkatan Kinerja Sumber Daya Manusia di PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Jakarta Selatan Fakultas Ekonomi Dan Manajemen, IPB Bogor. Jurnal Widyariset, Volume 17, Nomor 1, April 2014 93–104.
DOI: https://doi.org/10.47896/je.v22i2.59
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.