PERSEPSI, MOTIVASI DAN KEPUTUSAN NASABAH MENABUNG PADA BANK MUAMALAT INDONESIA CABANG PEMBANTU BUKITTINGGI

Almasdi Almasdi(1), Diah Permata(2), Sri Kemala(3),


(1) SINTA ID : 6128009, Institut Teknologi dan Bisnis Haji Agus Salim Bukittinggi
(2) Institut Teknologi dan Bisnis Haji Agus Salim Bukittinggi
(3) Institut Teknologi dan Bisnis Haji Agus Salim Bukittinggi
Corresponding Author

Abstract


The purpose of this study  was to determine  the effect of perception and motivation on the decision to save atBank Muamalat Indonesia Bukittinggi Branch. The object of the research is customers who have savings at Bank Muamalat Indonesia Bukittinggi branch. Taken by random sampling totaling 100 people. Data were collected through a questionnaire using a likert scale. Data were analyzed by logistic regression and descriptive analysis. The result of the study stated that perceptions and motivations had a significant and positive effect on the decission to save at the Bukittinggi branch of Muamalat Indonesia Bank. The most dominant  variable influencing  is the perception variable

 Keywords: customer motivation; decisions; perception


Tujuan penelitian ini ingin mengetahui  pengaruh persepsi dan motivasi  terhadap keputusan  menabung pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Bukittinggi.  Objek pada penelitian ini adalah  nasabah yang memiliki tabungan  pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Bukittinggi diambil dengan metode random sampling  berjumlah 100 orang. Data dikumpulkan  melalui kuisioner  menggunakan skala likert. Data dianalisa dengan  Regresi  Logistik dan Analisis Deskriptif.  Hasil penelitian  meyatakan  bahwa persepsi dan motivasi secara parsial dan simultan  berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan  menabung    pada Bank  Muamalat Cabang Bukittinggi. Variabel yang paling dominan berpengaruh   adalah variable persepsi.

 Kata kunci: keputusan menabung; motivasi; persepsi


References


Alhadi, Rifki. 2017. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Futsal Merek Specs. STIE Haji Agus Salim. Skripsi

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta

Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen : Pedoman Penelitian untuk Skripsi, Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Darmawi, Herman. 2006. Pasar Finansial dan Lembaga-Lembaga Finansial. Jakarta : Bumi Aksara

Idak. 2018. Pengaruh Motivasi, Persepsi dan Sikap Nasabah Terhadap Keputusan Nasabah Menabung di PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. Unit Baraka Kabupaten Enrekang. UIN Alauddin Makassar. Skripsi

Imran dan Bambang Hendrawan. 2017. Pengaruh Persepsi Masyarakat Batam Tentang Bank Syariah Terhadap Minat Menggunakan Produk Bank Syariah. Politeknik Negeri Batam. Jurnal

Kholila, Siti. 2018. Pengaruh Motivasi Menghindari Riba dan Pengetahuan Produk Perbankan Syariah Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah di Bank Muamalat KC Surabaya-Mas Mansyur. UIN Sunan Ampel Surabaya. Skripsi

Kotler,Philip. 2005. Perilaku Konsumen. Jakarta Timur : Kencana Prenada Media

Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT Indeks

Kotler, Philip dan G. Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi ke-5. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I Edisi ke- 13. Jakarta : Erlangga

Kuncoro. 2001. Metode Kuantitatif. Yogyakarta : UPP-AMP YKPN

Linda, Davidoff. 1991. Psikologi Suatu Pengantar. Jakarta : Erlangga

Mas`ud, Fuad. 2004. Survai Diagnosis Organisasional Konsep dan Aplikasi. Semarang : Badan Penerbit – UNDIP

Mayasari, Hesti dkk. 2017. Pengaruh Motivasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menabung di Bank Sinarmas Syariah Padang. Universitas Taman Siswa Padang. Jurnal

Mowen, John C dan Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Jakarta : Erlangga

Ningsih, Julia Sri. 2017. Pengaruh Persepsi, Tingkat Religiusitas dan Disposable Income Terhadap Minat Menabung di Perbankan Syariah (Studi Pada Dosen UIN Raden Intan Lampung). UIN Raden Intan Lampung. Skripsi

Nurhidayati, Annisa. 2017. Pengarug Persepsi Nasabah Tentang BPR Syariah Terhadap Keputusan untuk Menabung di BPR Syariah Dana Amanah Kota Surakarta. IAIN Surakarta. Skripsi

Prasetijo, Ristiayanti dan John J.O.I Ihalauw. 2005. Perilaku Konsumen. Yogyakarta : Andi

Riduwan. 2005. Skala Pengukuran Variabel Penelitian. Bandung : Alfabeta

Sarjono, Haryadi dan Winda Julianita. 2011. SPSS vs LISREL : Sebuah Pengantar, Aplikasi untuk Riset. Jakarta : Salemba Empat

Schiffman, Leon G. dan Leslie Lazar Kanuk. 2000. Consumer Behavior. USA : Prentice Hall

Setiadi, Nugroho J. 2003. Perilaku Konsumen. Bogor : Kencana

Setiadi, Nugroho J. 2013. Perilaku Konsumen. Jakarta : PT. Kharisma Putra

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Administrasi. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2008. Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta

Susanti, Yosi. 2017. Persepsi Nasabah Dalam Memilih Produk Bank Syaria Mandiri Belitang (Studi Pada Bank Syariah Mandiri Belitang Kabupaten Oku Timur). UIN Raden Intan Lampung. Skripsi

Umar, Husein. 2008. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Utami, Dwi Ana Ratna. 2017. Pengaruh Persepsi Masyarakat Tentang Perbankan Syariah Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah (Studi Kasus Pada Masyarakat Muslim Kauman Wijirejo Pandak Bantul). UIN Sunan Kalijaga. Skripsi

Veithzal, Rivai. 2004. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Widodo. 2004. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: PT. Penerbit Liberty.

Zainab. 2011. Pengaruh Citra Merek, Periklanan, dan Persepsi Terhadap Minat Menabung Nasabah (Studi Kasus Pada Masyarakat Ciputat dan Pamulang Yang Menjadi Nasabah di Bank Muamalat). UIN Syarif Hidayatullah. Skripsi.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 437 times
PDF Download : 334 times

DOI: 10.47896/mb.v2i2.489

Refbacks

  • There are currently no refbacks.