PERSEPSI, MOTIVASI DAN KEPUTUSAN NASABAH MENABUNG PADA BANK MUAMALAT INDONESIA CABANG PEMBANTU BUKITTINGGI
(1) SINTA ID : 6128009, Institut Teknologi dan Bisnis Haji Agus Salim Bukittinggi
(2) Institut Teknologi dan Bisnis Haji Agus Salim Bukittinggi
(3) Institut Teknologi dan Bisnis Haji Agus Salim Bukittinggi
Corresponding Author
Abstract
Keywords: customer motivation; decisions; perception
Tujuan penelitian ini ingin mengetahui pengaruh persepsi dan motivasi terhadap keputusan menabung pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Bukittinggi. Objek pada penelitian ini adalah nasabah yang memiliki tabungan pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Bukittinggi diambil dengan metode random sampling berjumlah 100 orang. Data dikumpulkan melalui kuisioner menggunakan skala likert. Data dianalisa dengan Regresi Logistik dan Analisis Deskriptif. Hasil penelitian meyatakan bahwa persepsi dan motivasi secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung pada Bank Muamalat Cabang Bukittinggi. Variabel yang paling dominan berpengaruh adalah variable persepsi.
Kata kunci: keputusan menabung; motivasi; persepsi
References
Alhadi, Rifki. 2017. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Futsal Merek Specs. STIE Haji Agus Salim. Skripsi
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta
Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen : Pedoman Penelitian untuk Skripsi, Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Darmawi, Herman. 2006. Pasar Finansial dan Lembaga-Lembaga Finansial. Jakarta : Bumi Aksara
Idak. 2018. Pengaruh Motivasi, Persepsi dan Sikap Nasabah Terhadap Keputusan Nasabah Menabung di PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. Unit Baraka Kabupaten Enrekang. UIN Alauddin Makassar. Skripsi
Imran dan Bambang Hendrawan. 2017. Pengaruh Persepsi Masyarakat Batam Tentang Bank Syariah Terhadap Minat Menggunakan Produk Bank Syariah. Politeknik Negeri Batam. Jurnal
Kholila, Siti. 2018. Pengaruh Motivasi Menghindari Riba dan Pengetahuan Produk Perbankan Syariah Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah di Bank Muamalat KC Surabaya-Mas Mansyur. UIN Sunan Ampel Surabaya. Skripsi
Kotler,Philip. 2005. Perilaku Konsumen. Jakarta Timur : Kencana Prenada Media
Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT Indeks
Kotler, Philip dan G. Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi ke-5. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I Edisi ke- 13. Jakarta : Erlangga
Kuncoro. 2001. Metode Kuantitatif. Yogyakarta : UPP-AMP YKPN
Linda, Davidoff. 1991. Psikologi Suatu Pengantar. Jakarta : Erlangga
Mas`ud, Fuad. 2004. Survai Diagnosis Organisasional Konsep dan Aplikasi. Semarang : Badan Penerbit – UNDIP
Mayasari, Hesti dkk. 2017. Pengaruh Motivasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menabung di Bank Sinarmas Syariah Padang. Universitas Taman Siswa Padang. Jurnal
Mowen, John C dan Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Jakarta : Erlangga
Ningsih, Julia Sri. 2017. Pengaruh Persepsi, Tingkat Religiusitas dan Disposable Income Terhadap Minat Menabung di Perbankan Syariah (Studi Pada Dosen UIN Raden Intan Lampung). UIN Raden Intan Lampung. Skripsi
Nurhidayati, Annisa. 2017. Pengarug Persepsi Nasabah Tentang BPR Syariah Terhadap Keputusan untuk Menabung di BPR Syariah Dana Amanah Kota Surakarta. IAIN Surakarta. Skripsi
Prasetijo, Ristiayanti dan John J.O.I Ihalauw. 2005. Perilaku Konsumen. Yogyakarta : Andi
Riduwan. 2005. Skala Pengukuran Variabel Penelitian. Bandung : Alfabeta
Sarjono, Haryadi dan Winda Julianita. 2011. SPSS vs LISREL : Sebuah Pengantar, Aplikasi untuk Riset. Jakarta : Salemba Empat
Schiffman, Leon G. dan Leslie Lazar Kanuk. 2000. Consumer Behavior. USA : Prentice Hall
Setiadi, Nugroho J. 2003. Perilaku Konsumen. Bogor : Kencana
Setiadi, Nugroho J. 2013. Perilaku Konsumen. Jakarta : PT. Kharisma Putra
Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Administrasi. Bandung : Alfabeta
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta
Sugiyono. 2008. Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta
Susanti, Yosi. 2017. Persepsi Nasabah Dalam Memilih Produk Bank Syaria Mandiri Belitang (Studi Pada Bank Syariah Mandiri Belitang Kabupaten Oku Timur). UIN Raden Intan Lampung. Skripsi
Umar, Husein. 2008. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Utami, Dwi Ana Ratna. 2017. Pengaruh Persepsi Masyarakat Tentang Perbankan Syariah Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah (Studi Kasus Pada Masyarakat Muslim Kauman Wijirejo Pandak Bantul). UIN Sunan Kalijaga. Skripsi
Veithzal, Rivai. 2004. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Widodo. 2004. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: PT. Penerbit Liberty.
Zainab. 2011. Pengaruh Citra Merek, Periklanan, dan Persepsi Terhadap Minat Menabung Nasabah (Studi Kasus Pada Masyarakat Ciputat dan Pamulang Yang Menjadi Nasabah di Bank Muamalat). UIN Syarif Hidayatullah. Skripsi.
Article Metrics
Abstract View : 437 timesPDF Download : 334 times
DOI: 10.47896/mb.v2i2.489
Refbacks
- There are currently no refbacks.