PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PEDAGANG KAKI LIMA PASAR AUR KUNING BUKITTINGGI
Abstract
This research is distributed because nowadays the business growing, the market is changing very fast and competition more sharply so that private parties should anticipate this situation with the right strategy for the consumer in determining the items to be bought. The purpose research is to analyze the effect of the influence of the product and the price of the consumer. This research was conducted against consumers who shopped in 1 day on street vendors market Aur Kuning Bukittinggi, special clothing more or less 200 people in every day., The data collected through questionnaire method gets to 67 people respondents by using random sampling method. Methods of analysis used multiple linear regression analysis with data processing using SPSS ver.16.0 for windows. Then conducted the analysis with the data using the test of validity, reliability, classic assumption test, regression analysis and hypothesis testing using the f test and t test so there were. The results proved that the product quality and the price is a positive and significant effect against the decision of the consumer. The most influential variables on the consumer's decision is a variable percentage of products with 0.801.
Penelitian ini dilatarbelakangi karena dewasa ini bisnis semakin berkembang, pasar mengalami perubahan yang sangat cepat dan persaingan pun semakin tajam sehingga pihak swasta harus mengantisipasi keadaan ini dengan mencari solusi yang tepat untuk konsumen dalam menentukan barang yang akan dibelinya. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan konsumen. Penelitian ini dilakukan terhadap konsumen yang berbelanja dalam 1 hari di pedagang kaki lima pasar Aur Kuning Bukittinggi, khusus menjual pakaian lebih kurang 200 orang dalam setiap harinya. Data dikumpulkan melalui metode kuesioner yang disebar kepada 67 orang responden dengan menggunakan metode random sampling. Alat analisa yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan pengolahan data menggunakan SPSS ver.16.0 for windows. Kemudian dilakukan analisis dengan data yang ada menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda dan pengujian hipotesis menggunakan uji f dan uji t sehingga hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas produk dan harga terhadap keputusan konsumen. Variabel yang paling berpengaruh besar terhadap keputusan konsumen adalah variabel produk dengan presentase sebesar 0,801.
Full Text:
PDF INDONESIAReferences
Anwar, I., & Satrio, B. (2012). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, Vol.4(No.12), Hlm.15.
Daryanto. 2011. “Sari Kuliah Manajemen Pemasaranâ€, PT.Sarana Tutorial Nurani Sejahtera, Bandung
Ginting, Nembah F. Hartimbul. 2012. Manajemen Pemasaran. Cetakan 2. Bandung. Yrama Widya
Kotler, Philip, Dan Amstrong, Gary, 2011, “Manajemen Pemasaran†Jilid Sepuluh, Jakarta, Indonesia.
Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2011. 10th Edition. “Marketing an Introductionâ€. Indonesia: Perason.
Kotler dan Keller, (2012), “Manajemen Pemasaran Perspektif Asiaâ€, Buku Dua, Edisi Pertama, Andy, Yogyakarta.
Kotler dan Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi ke 8. Terjemahan Bob Sabran, M.B.A Erlangga, Jakarta
Martini, T. (2015). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor Merek Honda Jenis Skutermatic. Jurnal Penelitian, 9(1), 113–132.
Nuran, D. O. (2010). No Title.
Produk, A. P., Promosi, D. A. N., & Keputusan, T. (2015). Analisis pengaruh produk, harga, distribusi, dan promosi terhadap keputusan pembelian serta implikasinya pada kepuasan pelanggan, 9(2), 80–101.
Raditya, A., & Fajrin, M. (2016). Faktor-Faktor yang Berpengaruh Dalam Penataan Pedagang Kaki Lima ( PKL ) pada Koridor Jalan Pasar Besar Kota Malang. Teknik ITS, 5(1).
Kamener, D. 2016. Peran Kepuasan Memediasi Pengaruh Atribut Produk, dan Pengetahuan Terhadap Keputusan Konsumen. Jurnal Benefita 1(2) Juli 2016 (95-104)
Mardalis. (2010), Metode Penelitian (Suatu Pendekatan Proposal). Jakarta : Bumi Askara. Halaman 24
Ridwan. (2005), Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian, Bandung : Alfabeta
Sugiyono, 2007. Metode Penelitian Bisnis. Edisi ke 8. Bandung: CV Alfa Beta
Swasta, B. 2010. Manajemen Pemasaran, analisa perilaku konsumen. Edisi pertama. Cetakan ketiga. Yogyakarta
Tjiptono, Fandy.2011. Strategi Bisnis Pemasaran. Penerbit Andi Yogyakarta
DOI: https://doi.org/10.47896/je.v21i1.69
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.